Tuesday, February 4, 2020

Cek fisik bantuan buat kendaraan luar daerah – Berbagi pengalaman

Cek Fisik Bantuan Kendaraan Luar Kota


Cek fisik bantuan atau cek fisik titipan, sebuah pelayanan yang diberikan oleh samsat yang bukan dari daerah asal kendaraan bermotor. Cek fisik kendaraan pasti sudah tidak asing bagi pemilik kendaraan bermotor. Rutinitas yang akan dilakukan 5 tahunan ini dilakukan untuk memperpanjang Surat Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (STNK) dan Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (TNKB). Namun masih ada beberapa dari kita yang belum mengetahui bagaimana cara cek fisik kendaraan dari luar daerah. Dimana kita berbeda wilayah tempat tinggal dengan daerah asal kendaraan bermotor, saya-pun awalnya juga bertanya-tanya bagaimana cara cek fisik buat kendaraan luar daerah?. 

Namun masih ada beberapa dari kita yang belum mengetahui bagaimana cara cek fisik kendaraan dari luar daerah. Dimana kita berbeda wilayah tempat tinggal dengan daerah asal kendaraan bermotor.

Cek fisik bantuan bagi kendaraan luar daerah salah satu syarat perpanjangan STNK dan TNKB

Sebagai seorang perantau yang berasal dari Surabaya dan tinggal di Bali dengan kendaraan bermotor yang berasal dari Surabaya. Bertepatan dengan waktu untuk melakukan perpanjangan STNK dan Plat nomer kendaraan. Sempat terpikir bagaimana caranya saya memperpanjang STNK dan plat nomer kendaraan di daerah asal, sedangkan kendaraan berada di daerah domisili saya sekarang. Terutama perihal cek fisik kendaraan bermotor yang jadi salah satu syarat perpanjangan Surat tanda Nomer Kendaraan bermotor (STNK) serta plat nomer.

Sebelumnya saya mencari tahu terlebih dahulu apa saja persyaratan perpanjangan STNK. Dan cek fisik kendaraan adalah salah satu syarat perpanjangan STNK dan plat nomer kendaraan. Selain cek fisik kendaraan tersebut tentu saja saya juga  menyiapkan kelengkapan administrasi lain, seperti persyaratan berikut ini:

  1. KTP Asli dan fotocopy, sesuai dengan yang tertera sebagai identitas kendaraan.
  2. STNK Asli dan Fotocopy.
  3. BPKB Asli dan fotocopy.
  4. Kendaraan bermotor untuk dilakukan cek fisik.

cek fisik bantuan
Lokasi Cek fisik


Berhubung kendaraan bermotor ada di Bali sebagai sarana saya beraktivitas, jelas akan ribet kalau melakukan cek fisik kendaraan di Surabaya. Saya coba cari informasi di Samsat Renon Denpasar Bali, yang kebetulan tidak terlalu jauh dari tempat saya tinggal. Ternyata bisa dilakukan cek fisik bantuan di Samsat Renon Denpasar dengan membawa kelengkapan dokumen persyaratan beserta kendaraan bermotor. Semua dokumen yang dibawa harus ada aslinya untuk ditunjukan dengan 1x fotocopy untuk masing - masing dokumen.


Persyaratan cek fisik bantuan di samsat Renon Denpasar

Persyaratan cek fisik bantuan di samsat Renon Denpasar bagi kendaraan luar kota harus melengkapi dokumen sebagai berikut:

  1. Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Asli.
  2. Surat Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (STNK) Asli.
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli.
Masing – masing dari dokumen tersebut di fotocopy cukup satu kali (1x).

cek fisik bantuan
Syarat Cek Fisik Bantuan

Cara pengisian formulir cek fisik bantuan di samsat Renon Denpasar

Setelah melengkapi dokumen yang diperlukan sesuai syarat cek fisik bantuan kendaraan, saya mengambil formulir cek fisik bantuan kendaraan. Pada dinding ditempel cara pengisian formulir, yang saya isi hanya pada bagian II dan bagian III, sisanya dikosongkan.

Formulir cek fisik bantuan kendaraan diisi seperti contoh pengisian pada bagian II identitas pemilik dan Bagian III Identitas Kendaraan:

Bagian II Identitas Pemilik, Diisi seperti berikut:

  • a. Nama: Sesuai data KTP.
  • b. Pekerjaan: Dikosongi.
  • c. Alamat: Sesuai data KTP.
  • d. NIK/TDP: sesuai data KTP.
  • e. No telp/HP/Email: Dikosongi.
Bagian III Identitas kendaraan, diisi seperti berikut:

  • a. nomer registrasi: Dikosongi.
  • b. Merk: Sesuai data STNK.
  • c. Tipe: Sesuai data STNK.
  • d. Jenis: Sesuai data STNK.
  • e. Model: Sesuai data STNK.
  • f. Tahun pembuatan: Sesuai data STNK.
  • g. Isi Silinder / Daya Listrik: Sesuai data STNK.
  • h. Warna: Sesuai data STNK.
  • i. Nomer Rangka: Sesuai data STNK.
  • j. Nomer mesin: Sesuai data STNK.
  • k. Bahan bakar: Sesuai data STNK.
  • l. Jumlah Sumbu: Dikosongi.
  • m. Jumlah roda: Dikosongi.
Pada bagian IV dan V dikosongi, hanya diisi oleh petugas.

cek fisik bantuan
Cara mengisi formulir cek fisik kendaraan

Cek fisik bantuan untuk kendaraan dari luar daerah

Semua dokumen sudah saya siapkan, lengkap dengan fotocopy dan dimasukan dalam map. Map bisa dibeli di tempat fotocopy dalam kantor Samsat. Berkas juga dibantu diatur oleh petugas fotocopy. Kemudian baru saya mengajukan cek fisik bantuan dengan langkah – langkah sebagai berikut:

  1. Fotocopy STNK, BPKB dan KTP dimasukan dalam map dan dituliskan nama, Nopol dan tulisan “Cek Fisik Titipan” diatas map.
  2. Mengisi formulir identitas kendaraan (Spesifikasi) dan data pemilik sesuai STNK dan KTP.
  3. Membawa kendaraan bermotor ke area cek fisik untuk dilakukan cek fisik bantuan dengan menyerahkan formulir yang sudah diisi lengkap.
  4. Menerima kembali formulir yang sudah diisi hasil cek fisik kondisi dan kelengkapan kendaraan bermotor disertai kertas hasil gosok nomer rangka dan nomer mesin kendaraan.
  5. Menyerahkan map beserta formulir yang lengkap dengan hasil cek fisik bantuan kendaraan ke loket petugas untuk diproses dan ditandatangani kepala bagian terkait. Sambil menunjukan BPKB Asli & STNK Asli.

Setelah proses semua dilalui, tidak sampai 15 menit sudah dipanggil untuk diberitahukan kapan mengambil surat keterangan cek fisik bantuan. Saat itu saya diinformasikan untuk kembali 3 hari kemudian pada saat jam makan siang jam 12.00 – 13.00. Proses ini tidak memakan waktu lebih dari 30 menit dan tidak ada biaya apapun.

Setelah 3 hari kemudian, Saya sudah bisa mengambil formulir cek fisik bantuan kendaran yang sudah ditandatangani dan dinyatakan sudah dilakukan cek fisik kendaraan. Formulir ini nanti yang jadi salah satu kelengkapan persyaratan untuk pengurusan perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar Surabaya  dan Perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo nantinya. Mudah sekali kan dan tidak dipungut biaya apapun alias Gratis. 

Dan nantinya apabila mau melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa lebih mudah dengan aplikasi Samsat Online Nasional. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat.