Saturday, March 13, 2021

Cara kerja sabun, sebelah menggandeng air, sebelah lagi menggandeng kotoran

cara kerja sabun

Cara kerja sabun, ya, bagaimanakah? Terlintas dalam pikiran saat membersihkan badan dan semua perlengkapan setelah pulang bepergian atau berpetualang. Badan kita, pakaian kita, semua perlengkapan kita bahkan mobil kita dikatakan kotor setelah bepergian. Bisa jadi yang kita sebut kotoran adalah segala macam benda asing yang menempel. Dan cara kerja sabun yang membuat saya heran, selalu patuh untuk membuangnya. Lalu bagaimana sabun tahu kalau itu kotoran?

Ya, bagaimanakah cara kerja sabun hingga tahu bahwa itu kotoran?

Sudah sejak lama banyak dari kita mengetahui sabun seperti bahan ajaib yang mengenal dan menghormati kulit dan barang berharga kita. Padahal sabun sendiri rakus sekali terhadap semua benda lain di permukaan bumi. Sebenarnya tidak perlu menganggapnya sebagai benda ajaib kalau kita memahami bagaimana cara kerja sabun membersihkan kotoran. Kita hanya perlu mendalami sifat – sifat dasar dari minyak dan air. Cukup itu saja. Sesederhana apapun segala sesuatu yang kita sebut kotoran atau lebih halusnya “benda asing”, adalah bahan berminyak atau yang melekat dengan bantuan minyak. Dan cara kerja sabun adalah mempunyai upaya mengusir minyak dengan baik dan unik.

Agar dapat membayangkan bagaimana cara kerja sabun mengetahui kotoran, kita harus mempelajari dulu bagaimana kita mendapatkan kotoran.

Setitik noda mikroskopik yakin apapun yang tidak kita inginkan pada kulit atau baju kita, dapat melekat melalui salah satu dari dua cara:

  • Terperangkap secara mekanik dalam sebuah celah mikroskopik, atau;
  • Kotoran itu sendiri basah atau lembab dan sifat itu yang membuatnya melekat.

Contoh untuk yang pertama adalah kotoran yang kita peroleh karena kita berdiri di pinggir jalan berdebu. Sedangkan contoh untuk yang kedua adalah saat kaki kita terperosok ke dalam lumpur.

Dalam kasus manapun, cukup dibilas dengan air biasa ditambah dengan sedikit menggosok atau menyikat biasanya sudah cukup untuk melepaskan benda – benda asing macam ini. Dalam hal ini sabun sesungguhnya tidak diperlukan.


Lalu bagaimana cara kerja sabun tahu jika kotoran tersebut berselaput minyak, bukan air?

Kotoran itu akan melekat ke kulit kita seperti halnya lumpur basah. Dalam kenyataannya kotoran itu tidak harus membawa minyaknya sendiri atau mengandung minyak. Kulit kita sebagai manusia sering sudah berlapis minyak, hal ini sudah cukup membuat partikel kotoran melekat. Namun tidak seperti kotoran lumpur, kotoran berminyak ini akan terus melekat. Karena minyak tidal menguap dan mengering seperti air. Membilasnya dengan air biasa tidak akan mengusirnya, karena air tidak akan digubris oleh minyak. Air bersih seolah – olah hanya menggelinding seperti kalau kita menyiram air ke punggung angsa yang bulunya berlapis minyak.

Karena dari itu, yang kita lakukan untuk mengusir kotoran berminyak adalah mencari dan membuang minyak. Baru setelahnya dapat dibilas dengan air bersih. Ini nanti yang menjadi cara kerja sabun.


Bagaimana cara kerja sabun membersihkan kotoran?

Cara kerja sabun sendiri sebenarnya tidak melarutkan minyak. Cara kerja sabun yang mempesona adalah mengikat minyak kedalam air. Sehingga akhirnya minyak dan kotoran yang melekat karena sabun, dapat dibilas dengan lebih mudah.

Molekul – molekul sabun berbentuk panjang dan tipis. Pada hampir seluruh panjangnya (boleh disebut “ekor”), strukturnya tepat sama dengan molekul – molekul minyak. Karena memiliki afinitas atau keakraban dengan molekul – molekul minyak.

Tapi pada salah satu ujungnya (disebut “kepala”), ada sepasang atom yang muatan listriknya sedemikian sehingga hanya senang bergabung dengan molekul – molekul air. Dan kepala inilah yang membuat seluruh molekul sabun menyatu dengan air dan membuatnya dapat dengan mudah larut.

Sewaktu berenang dengan air, dan kelompok molekul sabun bertemu dengan partikel kotoran minyak pada pakaian. Saat itu ekor mereka yang senang berteman dengan minyak akan mengikatkan diri ke molekul – molekul minyak. Sedangkan kepala – kepala, membuat molekul – molekul sabun tetap menyatu erat dengan air.

Alhasil minyak tertarik kedalam air selanjutnya partikel kotoran yang semula disandera oleh minyak, kini bebas untuk ikut mengalir bersama air.


Lalu bagaimana cara kerja sabun membersihkan kotoran di ceruk atau pori-pori?

Ada hal penting yang dapat dilakukan oleh sabun, bahan ini menjadikan air lebih basah. Artinya sabun membantu air merasuk kedalam semua ceruk dan celah benda apapun yang sedang dicuci.

Molekul air memiliki daya lekat yang luar biasa dengan sesamanya. Akibatnya sebuah molekul air di permukaan badan air tertarik dengan kuat sekali oleh molekul – molekul lain di bagian lebih dalam. 

Sekarang formasi paling kuat yang bisa dibentuk oleh sesedikit mungkin molekul air adalah bola. Bangun bola memiliki luas permukaan paling kecil dibanding bangun – bangun lain. Itu sebabnya air membentuk titik – titik air seperti bola ketika mereka memperoleh kebebasan untuk berbuat demikian, misalnya ketika jatuh berupa hujan.

Gaya tarik ke arah dalam yang dialami oleh molekul – molekul di permukaan suatu zat cair disebut “tegangan permukaan”. Ini karena molekul – molekul di permukaan sedikit banyak berbeda dari molekul – molekul di bagian lebih dalam.

Di bagian dalam suatu zat cair sebuah molekul ditarik oleh sesama molekul ke atas di bawah dan disekelilingnya dan semua gaya tarik tadi saling meniadakan. Tapi sebuah molekul tepat di permukaan ditarik oleh molekul – molekul disekelilingnya kecuali dari atas, ini menyebabkan gaya tarik kebawah yang tidak mempunyai lawan untuk mengimbanginya. Akibatnya molekul – molekul permukaan memiliki kelekatan lebih kuat dengan sesama molekul lain.

Air seperti ini mempunyai sebaris lapisan kencang di permukaannya. Benda – benda kecil dan ringan bahkan dapat berbaring santai di permukaan tanpa menembus lapisan yang seperti “kulit” itu. Itu sebabnya laba – laba air dapat berselancar ria di permukaan air.

Coba masukan sabun. Molekul – molekul sabun merusak tegangan permukaan air karena menyesaki permukaan air dengan kepala – kepala mereka yang penggemar air. Sementara ekor – ekor yang penggemar minyak menjulur keatas. Selain melemahkan ikatan diantara sesama molekul air, gabungan molekul sabun dan air juga menerima benda – benda lain dengan tangan lebih terbuka. Termasuk jarum yang dapat kita apungkan ke air. Pernah mencoba?


Cara kerja sabun masa kini tidak hanya mengusir kotoran

Kalau masa sekarang, sabun kegunaannya tidak hanya mengusir kotoran seperti halnya jaman 100 tahun lalu, mungkin lebih. Dengan kemajuan teknologi dan manusia, seperti halnya kita, mempunyai pengembangan atas bahan sabun. Yang dulunya dianggap ajaib, dapat mengusir kotoran membandel. Sekarang dengan menambahkan bahan – bahan didalam sabun, yang dapat mengusir kuman atau bakteri dan bahkan virus.

Mengusir pastinya, dengan dibantu air mengalir. Beberapa mempunyai bahan yang dapat membunuh kuman. Tapi sekali lagi, yang pasti, cara kerja sabun ini mengusir kotoran sekaligus kuman bakteri bahkan virus yang ikut bersanding di badan atau pakaian kita. Untuk itulah kita juga harus menyadari agar cuci tangan jadikan sebuah kebiasaan baik. Terutama dengan sabun dan air mengalir tentunya.

No comments:

Post a Comment