Tuesday, September 10, 2019

Puncak Sejati Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik Magelang menawarkan tantangannya

Terlihat dari jauh, Puncak Sejati Gunung Sumbing dengan ketinggian ketinggian 3.371 mdpl, terlihat begitu indah dipayungi awan Cirrocumulus. Pertanda cuaca cerah akan menemani perjalanan kami untuk menggapai puncak Sejati melalui basecamp Sumbing dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah.

Perjalanan menuju Base Camp Puncak Sejati Gunung Sumbing via Butuh Kaliangrik

Pagi hari kami bersepuluh, telah sampai di Bandara Adi Sucipto, setelah menempuh penerbangan 1 jam 10 menit dari Bali. Sehabis mengisi perut dengan makanan ringan dan mempersiapkan semua barang bawaan , kami menuju ke Base camp Sumbing Butuh Kaliangrik Magelang.

Perjalanan menuju Base camp Sumbing, di dusun Butuh kecamatan Kaliangrik kabupaten Magelang, membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 16 menit. Selama perjalanan, dari kejauhan kami disuguhkan pemandangan indah Candi Borobudur yang kami lewati. Gunung Sumbing diapit oleh 3 kabupaten di Jawa Tengah. Dimana Kabupaten Temanggung di sisi utara, Kabupaten Wonosobo disisi barat dan selatan, sedangkan Kabupaten Magelang di sisi Timur Selatan. Seperti dikutip dari Disparpora Magelang, Pendakian Gunung Sumbing ini juga merupakan andalan wisata kabupaten Magelang.

Sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan kebun-kebun milik warga desa. Kurang lebih 30 menit kemudian kami sampai di dusun Butuh. Jalan dari dusun Butuh menuju base camp Sumbing Butuh merupakan jalan kecil berbatu menanjak yang tidak dapat dilalui oleh mobil. Kami meneruskan dengan berjalan kaki ke Base camp Sumbing Kaliangrik.

Base Camp Puncak Sejati Gunung Sumbing via Butuh Kaliangrik - Backpacker Manyar
Base Camp Puncak Sejati Gunung Sumbing via Butuh Kaliangrik

Kami tiba di base camp saat senja mulai datang, kami akan melakukan pendakian pada keesokan harinya. Sehingga malam ini kami dapat beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga. Di Base camp Sumbing Butuh Kaliangrik ini terdapat ruangan berukuran +/- 8 x 9 meter. Ruangan yang sepenuhnya beralaskan karpet, dimana para pendaki dapat beristirahat sebelum atau setelah pendakian. Terdapat fasilitas 4 kamar mandi, base camp ini juga menyediakan makan pagi, siang maupun malam dengan harga yang sangat terjangkau. Base camp ini tidak diperkenankan untuk memasak sendiri agar kebersihan base camp tetap terjaga.

Pendakian Puncak Sejati Gunung Sumbing

Keesokan paginya kami bangun pagi pagi sekali, kami makan pagi dan mempersiapkan perbekalan. Sejenak kami mempelajari jalur pendakian Gunung Sumbing yang tertempel di dinding lorong base camp.

Jalur pendakian Puncak Sejati Gunung Sumbing
Jalur Pendakian

Setelah semua siap untuk berangkat, kami berkumpul untuk briefing dan berdoa untuk kelancaran dan keselamatan selama pendakian hingga pulang nanti. Kami memutuskan melalui jalur Butuh Kaliangrik ini, dengan pertimbangan jalur yang tidak terlalu ramai pendaki dan medan yang cukup menantang.

Breifing sebelum menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing - Backpacker Manyar
Briefing

Perjalanan menuju Pos 1 Puncak Sejati Gunung Sumbing Butuh Kaliangrik Magelang

Perlahan sambil merasakan hawa dingin kami memulai pendakian menuju pos 1 melalui Gerbang pendakian. Perjalanan dari base camp Sumbing Butuh Kaliangrik ketinggian 1.722 mdpl menuju pos 1 yang berjarak 1,6 Km ketinggian 2.127 mdpl. Dimulai dengan jalan yang sudah menanjak seperti anak tangga dan berbatu (jalan makadam) menyusuri lahan pertanian warga.

Menuju pos 1 Puncak Sejati Gunung Sumbing - Backpacker Manyar
Menuju pos 1 Puncak Sejati Gunung Sumbing

Sepanjang perjalanan menuju pos 1 terdapat beberapa bak penampungan air dan air mengalir dari atas mengisi setiap bak penampungan air. Kami masih sering berjumpa dengan warga dusun Butuh yang melakukan aktifitasnya bertani atau mengambil rumput untuk makanan ternak. Dengan ramah mereka selalu menyapa kami sambil tersenyum, menanyakan apa kami akan menuju puncak atau sekedar mengucapkan selamat diperjalanan.

Setelah menempuh waktu hampir 1 jam dari base camp Sumbing Butuh Kaliangrik, akhirnya kami sampai ke pos 1 gunung Sumbing. Kami bertemu dengan beberapa orang dari dinas kesehatan yang sedang melakukan survey atas kegunaan alat penyaringan air. Sambil beristirahat kami mengikuti survey tersebut.

Letak Pos 1 ini cukup teduh, terdapat pepohonan dan shelter kecil dengan tanah yang cukup lapang menampung sekitar 4 tenda. Sambil mengisi survey dan berteduh, kami sempatkan menikmati indahnya pemandangan. Terhampar lahan pertanian dan jauh mata memandang masih terlihat rumah-rumah dusun dalam lengkungan cakrawala.

Pos 1 Puncak Sejati Gunung Sumbing

Perjalanan menuju Pos 2 Puncak Sejati Gunung Sumbing Butuh Kaliangrik Magelang

Setelah sejenak beristirahat, kami melanjutkan perjalanan menuju Pos 2 yang berjarak sekitar 1,3 Km. Jalan masih menanjak, namun perjalanan terasa teduh karena rimbunnya pepohonan pinus disisi kiri dan kananHari mulai beranjak siang dan terik matahari mulai terasa, meskipun angin berhembus dingin menemani kami. Sesekali kami berhenti untuk beristirahat sejenak memulihkan tenaga. Setelah menempuh perjalanan sekitar 60 menit melalui jalan menanjak dengan anak tangga yang berbatu, akhirnya kami sampai di Pos 2 Gunung Sumbing.

Pada Pos 2 ketinggian 2.458 mdpl ini terdapat shelter kecil dan tanah yang cukup lapang yang bisa mendirikan sekitar 3 tenda. Panas matahari sangat terasa, dikarenakan pos 2 Gunung Sumbing ini menghadap ketimur. Dan saat mata memandang kearah timur, tampak Gunung Merbabu dan Gunung Merapi menyapa dengan keindahannya dari kejauhan.

Menuju pos 2 Puncak Sejati Gunung Sumbing

Perjalanan menuju Pos 3 Puncak Sejati Gunung Sumbing Butuh Kaliangrik Magelang

Setelah beristirahat sebentar, hari semakin siang, kami melanjutkan perjalanan menuju pos 3 gunung Sumbing yang berjarak sekitar 1,6 km. Jalan yang kami lalui bertanah agak landai , jika dibandingkan perjalanan dari pos 1. Dengan arah perjalanan sedikit memutar badan gunung, pepohonan pinus mulai berkurang berganti dengan vegetasi rumput. Selama perjalanan menuju pos 3, kami melalui beberapa aliran air sungai berbatu yang debit airnya mengecil dan berbatu cukup licin. Kami harus ekstra hati-hati untuk melewatinya, kami menyadari bahwa kami bukanlah pendaki professional. Namun beruntungnya bahwa kehati-hatian, kebersihan dan keselamatan adalah bagian dalam pekerjaan kami sehari-hari. Karena sebagian besar dari kelompok kami adalah para dokter dan perawat yang dituntut untuk mengutamakan hal tersebut.

Menuju pos 3 Puncak Sejati Gunung Sumbing

Setelah menempuh perjalanan 1 jam 10 menit dengan terik matahari yang kian menyengat, akhirnya sampai di Pos 3 gunung Sumbing. Pos 3 yang terletak diketinggian 2.638 mdl, tidak terdapat shelter dan pohon untuk berteduh. Namun terdapat tanah lapang yang ada dapat didirikan 4-5 tenda. Selain itu terdapat percabangan jalur dari Mangli kaliangrik yang bertemu dengan jalur Sumbing Butuh Kaliangrik.
Meskipun udara dingin masih tetap berhembus, Panas Matahari semakin terik, cukup menguras tenaga kami. Kami beristirahat sebentar memulihkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan.

Perjalanan menuju Pos 4 Puncak Sejati Gunung Sumbing Butuh Kaliangrik Magelang

Kami melanjutkan perjalanan menuju pos 4 gunung Sumbing yang berjarak sekitar 1,5 km dari pos 3 tempat kami beristirahat. Menuju ke pos 4 kami masih melalui jalan dengan vegetasi rumput ilalang. Beberapa anak sungai berbatu yang kering  dan beberapa masih mengalir air dan licin untuk dilalui.  Tidak berapa lama kami sampai di anak sungai yang debit airnya cukup banyak. Jalur anak sungai ini sedikit curam, dan tidak terdapat lahan datar yang cukup. Kami harus mencari tempat yang aman untuk bisa berhenti beberapa saat mengisi perbekalan air dan makan siang.

Menuju pos 4 Puncak Sejati Gunung Sumbing

Dengan seadanya kami menikmati makan siang dan duduk di bebatuan pinggir sungai sambil menikmati pemandangan sekitarnya. Sudah setengah lebih perjalanan yang kami lalui dan semakin kecil pemukiman penduduk yang tertangkap mata kami. Istirahat makan siang dengan pemandangan indah dibawah menambah semangat kami kembali untuk meneruskan perjalanan.

Setelah pulih tenaga kami dengan beristirahat dan makan siang, kami meneruskan perjalanan menuju pos 4. Kami berjalan masih menyusuri tanah berilalang dan jalan mulai menanjak dan pohon tunggal di pos 4 sudah mulai terlihat.

Hari sudah menjelang sore dan hembusan angin terasa makin dingin menerpa wajah. Sang bulan pun sudah tampak dilangit sore, beruntung kami sudah sampai di Pos 4. Kami segera membuka tenda untuk istirahat dan menyiapkan makan malam di Pos 4 yang terletak diketinggian 2.983 mdpl. Tanah cukup lapang dan luas untuk mendirikan tenda di Pos 4, terdapat beberapa pendaki lokal dan beberapa pendaki asing yang mendirikan tenda untuk beristirahat. Angin berhembus cukup kencang di area pos 4, karena hampir tidak terdapat pohon besar yang bisa digunakan untuk menaungi.

Senja di Puncak Sejati Gunung Sumbing
Senja di gunung Sumbing

Perjalanan menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing Butuh Kaliangrik Magelang

Setelah semalam beristirahat melepas lelah, pagi hari kami bangun bertepatan saat mentari menampakan wajahnya. Dipuaskan dengan keindahan matahari terbit yang melatar belakangi Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Kami segera makan pagi agar tidak terlalu siang untuk perjalanan ke puncak sejati Gunung Sumbing. Setelah makan pagi dan mengisi perbekalan air, kami bersiap untuk berangkat menuju ke puncak Sejati Gunung Sumbing.

Dari pos 4 kurang lebih akan menempuh jarak 1,2 km menuju ke Puncak Sejati. Perlahan tapi pasti, kami menapaki tanjakan lurus dari pos 4 yang cukup terjal yang membuat kaki ini terasa berat. Beberapa kali kami berhenti untuk beristirahat memulihkan tenaga dan matahari cukup terik.

Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing

Setelah menempuh perjalanan yang mendaki terjal selama 1 jam 20 menit, akhirnya kami sampai di Puncak Sejati Gunung Sumbing di ketinggian 3.371 mdpl. Terbayar sudah lelahnya menapaki jalan terjal mendaki dengan indahnya pemandangan dari atas puncak Sejati.

Puncak Sejati Gunung Sumbing via butuh Kaliangrik

Setelah dimanjakan dengan pemandangan indah dari atas Puncak Sejati Gunung Sumbing, kami bergegas turun kembali ke pos 4. Sangat disayangkan kami tidak sempat ke kawah Gunung Sumbing karena kami harus bergegas untuk kembali ke Base Camp Sumbing Butuh Kaliangrik sebelum malam hari. Untuk kesekian kalinya kami mendapatkan kembali pelajaran berharga dalam perjalanan dan pendakian ini. Untuk saling menjaga, saling memperhatikan, kebersamaan, kebersihan dan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.

Menjelang malam akhirnya kami sampai dengan selamat ke base camp Sumbing Butuh Kaliangrik . Dengan membawa semua sampah selama perjalanan kami, kemudian kami melanjutkan perjalanan kembali ke kota Yogyakarta. Terima kasih Sumbing atas keindahan dan pembelajarannya. Terima kasih Yang Maha Kuasa atas perlindungan dan penyertaan selama perjalanan kami berangkat sampai pulang dari Puncak Sejati Gunung Sumbing dengan selamat tidak kurang satu apapun.