Saturday, September 14, 2019

Ombak Water Blow Nusa Dua Bali menghempas diantara tebing karang tajam

Ombak Water Blow Nusa Dua Bali
Water Blow Nusa Dua Bali

Water Blow Nusa Dua menyajikan keindahan hempasan ombak yang menghantam tebing karang. Dimana hembusan Angin yang keras dari arah laut, membawa gelombang ombak yang menghantam tebing karang seperti ledakan air. Terletak dikawasan ITDC Nusa Dua,  pemandangan pantai dan hempasan ombak Water Blow Nusa Dua dapat dinikmati di area Pulau Peninsula.

Letak dan lokasi Water Blow Nusa Dua

Wisata Water Blow Nusa Dua berada dikawasan ITDC Nusa Dua Bali, terletak di Peninsula (Nusa Gede). Perlu kita ketahui bahwa di sepanjang pantai Nusa Dua Bali terdapat 2 pulau yaitu Nusa Gede (Peninsula) dan Nusa Dharma.

Menempuh perjalanan dari pusat kota Denpasar kurang lebih 19 km dengan waktu tempuh 37 menit melalui Tol Bali Mandara. Waktu yang cukup singkat untuk sampai dikawasan ITDC Nusa Dua Bali. Masuk kawasan ITDC melalui jalan By Pass Ngurah Rai langsung menuju gerbang kawasan ITDC Nusa Dua. Arah jalan masuk menuju Pulau Peninsula dan Water Blow yang diapit oleh Museum Pasifika dan pusat perbelanjaan dan makanan Bali Collection. 

Melalui Gerbang Portal Parkir Otomatis lalu menyusuri jalan yang memutari Bali Collection. Terdapat 2 pilihan area parkir, area pertama setelah memutari gedung Bali Nusa Dua Theater. Dimana pada saat memarkir kendaraan di area tersebut, dapat menyusuri pedagang-pedagang local yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Melalui jalan setapak diatas rerumputan liar, dan menyusuri pinggir pantai Nusa Dua. Akhirnya akan sampai pada jalan setapak menuju pulau Peninsula.

Area parkir kedua , area parkir yang lebih luas untuk menampung  mobil maupun sepeda motor, bahkan terdapat area parkir untuk bis pariwisata. Bersebelahan dengan area parkir dan sebelum memasuki kawasan Peninsula, juga terdapat fasilitas mesin ATM dari beberapa Bank.


Menuju Pulau Peninsula (Nusa Gede) area Water Blow Nusa Dua

Melangkah kembali menyusuri jalan menuju Pulau Peninsula, terdapat area warung - warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Warung – warung ini tertata rapi, berjejer diteduhi oleh payung dan pepohonan. Bersebelahan dengan warung terdapat penyewaan papan surfing dan toilet yang dikelola oleh warga lokal.

Didepan area warung-warung tersebut juga terbentang rerumputan hijau. Saat-saat liburan sekolah, dan akhir pekan, dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai tempat bermain dan sekedar duduk bersantai menikmati pemandangan.


warung di Water Blow Nusa Dua bali
Deretan warung


Melanjutkan menyusuri jalan didepan deretan warung, akan menemukan persimpangan jalan. Pada persimpangan jalan sebelah kanan (sebelah selatan) menuju pantai berteluk yang indah. Pada persimpangan jalan yang kekiri (sebelah Utara) menuju ke pantai teluk melengkung dengan ujungnya terdapat pulau Nusa Dharma. Dan persimpangan jalan yang lurus kedepan adalah jalan menuju Pulau Peninsula (Nusa Gede).


Menikmati Pantai Nusa Dua arah Selatan dari Water Blow Nusa Dua

Pada Jalan yang kekanan (arah Selatan) terdapat bagian dari Pantai Nusa Dua, terlihat wisatawan asing yang bermain dipantai depan area perhotelan tersebut. Menuju ke kawasan pantai Nusa Dua sisi Selatan terdapat papan peringatan yang harus dipatuhi bagi wisatawan dan pengunjung pantai. Peringatan ini ditujukan untuk menjaga agar kawasan pantai tetap bersih, lestari dan keselamatan wisatawan sendiri.

Pengunjung yang datang sendiri, bebas berjalan di area pantai. Namun ada baiknya untuk tetap saling menjaga dan menghargai privasi wisatawan lain. Kalau kita datang pada pagi sampai siang hari, pada bulan September langit sedikit mendung. Namun ombak cukup besar dan pada saat air laut sedang pasang.


Pantai sisi Selatan dari Water Blow Nusa Dua Bali
Pantai Nusa Dua sisi selatan


Tapi apabila kita datang menjelang sore hari, air laut agak surut dengan cuaca cerah. Akan cukup aman untuk bermain menyusuri pantai yang sedang surut.


Menikmati Pantai Nusa Dua sebelah Utara dari Water Blow Nusa Dua

Arah jalan kekiri terdapat Pantai Nusa Dua yang berada diarah Utara, sebuah pantai teluk yang sama dengan sisi utara. Dan terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Nusa Dharma. Sepanjang Pantai sisi selatan ini tidak kalah indah dan tenang. Berderet hotel dan beberapa tempat bermain dan makan bagi wisatawan yang berkunjung dipantai Nusa Dua sisi Utara ini.


Pantai sisi Utara dari Water Blow Nusa Dua Bali
Pantai Nusa Dua sisi Utara


Meskipun dipisahkan oleh Pulau Peninsula (Nusa Gede) antara pantai Nusa Dua sisi Selatan dan sisi Utara merupakan satu rangkaian. Kondisinya tidak jauh berbeda pada saat surut maupun pasang. Namun karena kontur teluk yang lebih cekung maka pada pantai Nusa Dua sisi Utara. Apabila sedang surut akan jauh lebih surut daripada disisi pantai Nusa Dua Selatan. Karena kondisi yang surut ini jauh lebih aman bagi wisatawan yang membawa anak-anak untuk bermain air ditepi pantai. Namun kita harus tetap berhati-hati. Kenapa begitu, karena banyak biota laut yang harus dihindari yang bisa membuat cedera seperti salah satunya adalah bulu babi.


Menikmati indahnya Pulau Peninsula (Nusa Gede) area Water Blow Nusa Dua

Dari persimpangan jalan, kalau kita berjalan lurus ke Timur menuju ke Peninsula, tampak dari jauh sebuah patung ditengah Peninsula. Dekat dari gerbang masuk pulau Peninsula, terdapat Batu yang bertuliskan nama Pulau Nusa Gede / Peninsula. Disebelahnya ada papan himbauan untuk para pengunjung untuk dipatuhi. Papan Himbauan yang terpasang disisi pantai Nusa Dua, agar menjaga kebersihan, kelestarian dan kesakralan Pulau.

Melangkah melewati batu tulis, sudah nampak gerbang pulau Peninsula (Nusa Gede). Terlihat jelas Pulau Peninsula tampak luas dan indah dihiasi pepohonan dan rerumputan.

Setelah melewati gerbang Peninsula, diarea pulau ditanami pepohon dan rerumputan dengan jalan yang melingkar dari sisi kanan dan kiri. Sebelah Utara atau sisi kiri pulau terdapat area seperti helipad. Yang terkadang digunakan oleh beberapa anak untuk bermain. Sepanjang jalan yang melingkari area taman terlihat digunakan sebagai jogging track oleh para pengunjung. Pulau yang mempunyai lebuh kurang lebih 7,4 Hektar ini sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan ajang internasional, baik acara musik maupun budaya.


Luasnya area Peninsula Water Blow Nusa Dua Bali
Luasnya area Peninsula


Jangan ketinggalan, sekarang Pembayaran QRIS ditempat wisata Bali membuat lebih aman berwisata.


Fasilitas, Monumen WTO dan Pura di Peninsula


Apabila kita menyusuri jalan arak ke patung, terdapat sebuah monumen batu atas penanaman pohon oleh delegasi WTO. Para perwakilan 107 negara pernah melakukan pertemuan di Nusa Dua Bali pada Oktober 1993 untuk membicarakan pendirian WTO. Dimana setiap delegasi secara simbolis melakukan penanaman pohon di Pulau Peninsula. Hal ini bisa terlihat dari pohon yang ditanam oleh delegasi mempunyai papan nama yang berisi nama delegasi dan jenis tanaman dibawah pohon.


Monumen WTO Water Blow Nusa Dua Bali
Monumen delegasi WTO


Tidak Jauh dari monumen WTO terdapat monumen Patung Kresna dan Arjuna, berdiri megah tepat ditengah area pulau Peninsula.


Patung Kresna Water Blow Nusa Dua Bali
Patumg Kresna


Menyusuri jalan melingkar Peninsula disisi selatan terdapat Pura Dalem Bias Tugel. Layaknya seperti tempat-tempat suci pada umumnya di Bali, maka setiap pengunjung tidak diperkenankan memasuki area Pura Dalem Bias Tegel. Demi menjaga kesakralan area Pura Dalem Bias Tegel.

Di area Pulau Peninsula ini juga disediakan fasilitas toilet yang bersih dan bagus. Dimana toilet terletak disisi utara atau sebelah kanan, tepat setelah kita melewati Pura Dalem Bias Tegel.


Fasilitas Water Blow Nusa Dua Bali
Fasilitas Toilet


Kita bisa melihat wastafel mencuci tangan dalam keadaan terbuka mengarah ke pemandangan pantai. Sehingga para pengunjung yang menggunakan fasilitas toilet ini, bisa merasakan hembusan angin dan pemandangan pantai yang indah. Untuk itulah area wastafel dibuat terbuka.


Memasuki area Water Blow Nusa Dua

Diujung pulau Peninsula pada sisi sebelah timur terdapat area wisata pemandangan yang dinamakan Water Blow. Area yang berupa karang besar dan tajam terkikis oleh besarnya hempasan ombak yang menghantam, menjadi wisata utama di Pulau Peninsula.  Jika kita akan masuk ke objek wisata water blow , terdapat pintu masuk dan loket yang memisahkan antara area taman dan karang Water Blow dipulau peninsula. Sampai saat tulisan ini dibuat masih belum dipungut biaya apapun atau gratis untuk masuk ke area Water Blow. Entah kalau nanti kedepannya.


Pintu masuk menuju Water Blow Nusa Dua Bali
Pintu masuk menuju Water Blow Nusa Dua Bali


Pada sisi pintu keluar terdapat mesin yang menjual minuman dingin (Vending Machine) untuk pengunjung membeli minuman ringan. Bersebelahan vending machine terdapat Mobil Golf yang dapat mengantarkan pengunjung untuk kembali ke hotel atau area parkir dengan biaya tertentu.

Melewati pintu masuk area Water Blow Nusa Dua, terdapat 3 area untuk menikmati keindahan water blow ombak besar menghantam tebing karang. Terdapat 2 area yang dipisahkan dengan jalan yang menuju disisi kiri dan sisi kanan, dimana setiap area diberi pembatas pagar besi dan pengunjung tidak diperkenankan untuk keluar dari pagar tersebut.

Dan satu area yang agak lebih tinggi berada dibelakang, tempat yang paling aman untuk menikmati keindahan ombak, meskipun gelombang ombak sedang besar menghantam tebing karang di water blow. Ada petugas security dan suara sirine, yang berfungsi sebagai peringatan untuk para pengunjung agar menjauh dari area Water Blow Nusa Dua. Karena pada saat sirene berbunyi, pada saat itulah gelombang ombak sedang besar sekali.  Dan untuk keselamatan kita semua, agar mematuhi arahan dari petugas.


Menikmati Hempasan Ombak menghantam tebing karang di Water Blow Nusa Dua

Pada pagi hingga siang hari, air laut masih pasang, dengan hembusan angin yang cukup keras pada bulan Juni – September, dengan cuaca sedikit mendung, gelombang ombak menghantam keras di tebing karang yang tajam hingga  semburan ombak di Water Blow Nusa Dua bisa mencapai sampai 3-4 meter.


Hempasan ombak Water Blow Nusa Dua Bali
Hempasan ombak


Pada saat menjelang sore hari, dimana air laut ,mulai surut, gelombang ombak yang menghantam tebing karang di Water Blow tidak terlalu besar. Namun sore hari dengan cuaca cerah membuat pemandangan laut berwarna begitu biru sangat indah untuk dinikmati. Meskipun Ombak yang menghantam tebing karang tidak sebesar pada saat menjelang siang hari, pengunjung tetap dihimbau untuk berhati-hati dan tidak melewati tempat yang sudah ditentukan.


Pesona ombak Water Blow Nusa Dua Bali
Pesona ombak Water Blow Nusa Dua Bali


Water Blow Nusa Dua Bali di sore hari
Water Blow Nusa Dua Bali di sore hari


Gelombang ombak tidak terlalu besar di sore hari, namun digantikan dengan cuaca cerah membuat pemandangan langit dan laut biru begitu indah. Tidak cukup kata-kata lain yang dapat mewakili keindahan Pulau Peninsula Nusa Dua dan gelombang ombak Water Blow Nusa Dua menghantam tebing karang dengan latar laut biru yang indah dan langit biru yang cerah ini.

No comments:

Post a Comment