Refund tiket Air Asia cukup mudah dan tidak lama – Berbagi pengalaman

Refund tiket Air Asia atau pengembalian uang tiket pesawat, salah satu contoh yang diajukan calon penumpang dengan berbagai alasan. Namun tidak semua calon penumpang tahu bagaimana cara pengajuan refund tiket pesawat. Bagaimana pengajuan refund tiket? Apakah refund dikembalikan cukup lama?. Pertanyaan – pertanyaan seperti itu akan selalu ada bagi calon penumpang yang belum tahu bagaimana pengajuan refund tiket pesawat.


Ilustrasi Refund Tiket Air Asia


Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai cara pengajuan refund tiket pesawat Air Asia. Beberapa bulan yang lalu saya memesan tiket untuk saya dan ibu saya tujuan Denpasar – Surabaya PP. Karena sesuatu hal ibu saya tidak jadi kembali ke Denpasar dan memilih untuk tinggal di Surabaya. Akhirnya saya putuskan untuk membatalkan penerbangan dan refund tiket. Keputusan itu ada saat  sudah 1 hari sebelum keberangkatan. Saya jadi berpikir apakah masih bisa refund tiket 1 hari sebelum keberangkatan.

Apakah  saya bisa refund tiket Air Asia karena pembatalan penumpang?

Ya, pertanyaan itu yang terdapat dalam pikiran saya, karena saya sendiri belum pernah punya pengalaman untuk refund tiket penerbangan. Kemudian saya mencoba mencari informasi terkait refund tiket dan saya menemukan dasar peraturan refund tiket untuk penerbangan domestic. Terdapat Peraturan Menteri PM 185tahun 2015 tentang “Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri”, yang didalamnya terdapat pasal untuk mengatur refund tiket. Setelah membaca peraturan tersebut, logika saya sebagai orang awam, seharusnya seluruh penerbangan domestic bisa dilakukan refund tiket. Karena memang sudah diatur dalam peraturan, berarti maskapai penerbangan wajib mengembalikan refund tiket karena pembatalan oleh calon penumpang.

Berapa presentase dan jangka waktu refund tiket Air Asia?

Saya sedikit lega setelah saya membaca dalam aturan tersebut tentang besaran presentase pengembalian dan jangka waktunya. Besaran presentase refund tiket ditetapkan seperti berikut:
  • Pengembalian diatas 72 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 75% dari tarif dasar.
  • Pengembalian dibawah 72 - 48 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 50% dari tarif dasar.
  • Pengembalian dibawah 48 - 24 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 40% dari tarif dasar.
  • Pengembalian dibawah 24 - 12 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 30% dari tarif dasar.
  • Pengembalian dibawah 12 - 4 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 20% dari tarif dasar.
  • Pengembalian dibawah 4 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 10% dari tarif dasar dan/atau sesuai dengan kebijakan badan usaha angkutan udara niaga berjadwal.

Dengan ketentuan jangka waktu refund tiket seperti berikut:
  • Pengembalian uang tiket kepada penumpang dari pembelian tiket secara tunai wajib dilakukan selambat-lambatnya 15 hari kerja sejak pengajuan.
  • Pengembalian uang tiket kepada penumpang dari pembelian tiket dengan kartu kredit atau debet wajib dilakukan selambat-lambatnya 30 hari kerja sejak pengajuan.

Saya berpikir kira- kira kenyataannya sesuai tidak dengan aturannya. Saya akan coba buktikan sendiri nanti pada saat pengajuan refund tiket Air Asia.

Dimana perwakilan kantor Air Asia di Surabaya?

Kemudian mulailah saya mencari info alamat kantor Air Asia untuk menanyakan perihal refund. Karena lokasi bandara Juanda yang terlalu jauh saya memilih untuk mecari kantor di tengah kota Surabaya. Pada akhirnya saya menemukan juga alamat kantor Air Asia yang baru didalam Lobby Hotel Tunjungan Jalan Basuki Rahmat Surabaya. Itupun setelah saya tersesat di TP 1, karena info yang didapat kantor Air Asia di TP1. Bisa jadi sebelumnya berkantor di TP1 dan dan kemudian pindah kantor di dalam Lobby Hotel Tunjungan Jalan Basuki Rahmat. Kemungkinan saja nantinya kantor Air Asia akan berpindah lagi pikir saya. Sesampainya dikantor Ai Asia saya mulai menanyakan perihal refund tiket Air Asia di salah satu petugas / Karyawan Air Asia.

Bagaimana caranya pengajuan refund tiket Air Asia?

Ternyata pengajuan refund tiket Air Asia bisa dilakukan melalui aplikasi Air Asia tanpa harus datang ke kantor Air Asia. Kemudian saya dibantu dan dipandu untuk pengajuan refund tiket melalui web /aplikasi Air Asia.com. Berikut langkah – langkah yang harus dilakukan dalam pengajuan refund di web / aplikasi Air Asia:
  • Step 1: Buka web / aplikasi Air Asia, kalau di web kita bisa klik “Tanya AVA” di kanan bawah. Karena saya memakai aplikasi mobile, saya klik diujung kanan bertanda icon chat dan memilih “Pelayanan Pelanggan - Live”. Kemudian dihubungkan ke web Airasia.ada.support/chat/.
Aplikasi untuk Refund Tiket Air Asia - Backpacker Manyar
Aplikasi Mobile Air Asia

  • Step 2: Setelah itu pilih dan klik “pengembalian Dana” dan lanjut pilih “pengembalian Dana untuk Pembatalan Penerbangan”. Hingga ada balasan chat dan klik “ya” melanjutkan permintaan pengembalian dana.
  • Step 3: Setelah itu kita akan diminta memasukan no Booking yang terdiri dari 6 karakter untuk validasi.
  • Step 4: Setelah divalidasi kemudian mengisi alasan pembatalan, seingat saya waktu itu ya.
  • Step 5: Kemudian berlanjut untuk cara pengembalian dana, waktu itu saya minta transfer ke rekening sesuai pembayaran, memasukkan no rekening dan nama dan kode Swift Bank. Waktu itu saya tidak tau kode swift bank rekening saya dan saya tanyakan ke petugas yang membantu. Kalau pembaca tidak tahu kode swift bank, bisa mengetahui dengan klik web theswiftcodes.com.
  • Step 6: Proses selesai hingga diberikan no referensi untuk disimpan. Nomer referensi juga dikirimkan via email untuk member.


kode referensi Refund Tiket Air Asia
Kode Referensi Refund Tiket Air Asia

Email Refund Tiket Air Asia yang diselesaikan
Kode Referensi refund tiket Air Asia

Diaplikasi Air Asia selain untuk refund, pada saat pembelian tiket juga bisa memesan layanan kursi roda. Baca Layanan kursi roda untuk penumpang pesawat - Berbagi pengalaman cara memesan

Berapa lama refund tiket Air Asia saya terima?

Proses yang diperlukan tidak lama dan cukup mudah, hanya karena saya belum pernah melakukan, jadi dibantu oleh karyawan kantor Air Asia. Sekarang tinggal menunggu berapa lama uang refund tiket Air Asia masuk ke rekening saya. Petugas Air Asia yang sempat membantu saya memberikan informasi kemungkinan dana refund tiket diterima kurang lebih dalam waktu 1 bulan. Waktu proses tersebut tergantung dari banyaknya pengajuan refund dan proses internal. Saya hanya berpikir kalau sudah ada aturannya saya yakin akan diproses sesuai aturan yang berlaku.

Notifikasi Refund Tiket Air Asia
Notifikasi refund tiket Air Asia

Saya lakukan proses pengajuan refund tiket Air Asia pada tanggal 30 Januari 2019 dan saya mendapatkan notifikasi email kalau refund sudah dilakukan pada tanggal 10 Januari 2020. Ternyata belum sampai 15 hari dana refund sudah saya terima di rekening Bank saya. Hanya dalam waktu 11 hari refund sudah saya terima. Mungkin saya sedikit beruntung atau memang seperti itu, saya tidak tahu. Namun saya cukup puas dengan proses pengajuan refund tiket Air Asia yang cukup mudah dan tidak lama. Semoga tulisan ini bisa membantu pembaca yang membutuhkan.

Tag: Tips

Tidak ada komentar:

Posting Komentar