Wednesday, August 19, 2020

Mendaftar google adsense 5 kali ditolak dan akhirnya di setujui

Mendaftar google adsense dan disetujui sudah menjadi tujuan hampir semua blogger. Meskipun ada yang awalnya hanya iseng membuat dan menulis blog, namun tidak sedikit yang memang dari awal membuat blog bertujuan untuk mempunyai penghasilan. Berjalannya waktu, untuk disetujui saat mendaftar ke google adsense membutuhkan kerja keras, terutama bagi blogger pemula seperti saya.


Mendaftar Google Adsense


Pembuatan Blog pertama kali untuk mendaftar Google Adsense

Saya membuat blog awalnya hanya sekadar mengisi waktu sambil memperdalam kemampuan menulis. Dulunya memang banyak terlibat dalam kegiatan jurnalistik di masa SMA dan kuliah. Meskipun blog ini sekedar iseng-iseng namun tetap menulis dengan cara yang baik. Sekedar membagi pengalaman dan wawasan saya, dan harapannya tulisannya nanti bisa memberi informasi yang berguna buat yang membaca.

Dari awal saya sudah mempunyai beberapa tulisan tapi tidak tahu harus bagaimana tulisan ini bisa ada di blog. Saya sama sekali tidak tahu bagaimana membuat blog dan tetek bengeknya, apalagi masalah coding, SEO, Struktur.. Nol besar.. Dari berselancar di internet, membaca-baca tulisan blogger – blogger yang sudah ada, mulailah saya paham bagaimana memulai blog.

Saya memulai dengan memakai platform Blogger. Disebutkan dalam beberapa tulisan blogger lain, platform Blogger dibilang cukup mudah untuk pemula seperti saya, yang tidak tahu apa-apa masalah coding. Sekalian saya beli hosting, dengan pemikiran nama blognya tidak pakai embel-embel blogspot. Setelah itu semua tulisan yang ada saya posting seminggu sekali, sambil tetap menulis.

Setelah itu baru muncul masalah. Ya masalahnya tidak ada satupun tulisan saya dibaca orang, saya cari diinternet juga tidak ada. Saya cari – cari lagi informasi di tulisan yang bertebaran diintenet, ternyata Blog saya harus didaftarkan di Google Search Console biar bisa diindex katanya. Terus blog saya juga harus disetting banyak hal. Yah lumayan tambah wawasan.

Awal dari pembuatan blog ini saya melakukan beberapa hal:

  • Membuat hosting, setelan blog dari tema, tata letak sampai setting Robot TXT.
  • Submit Tulisan dan peta situs di Google Search Console dan Bing Webmastes Tools .
Otak atik dan trial error ini berlangsung selama hampir 3 bulan. Sekali lagi butuh kerja keras bagi saya yang pemula dan buta sama sekali masalah blog.


Mendaftar google Adsense

Sudah hampir 3 bulan saya membuat blog dengan segala perjuangan, yang baca tulisan saya hanya 1 – 2 saja setiap harinya. Saya pikir tidak apa-apa lah daripada tidak ada yang baca sama sekali. Kalau tidak salah istilahnya view ya. Saya masih belajar dengan baca – baca tulisan dari blogger – blogger senior, sampai suatu saat saya membaca kalau blog bisa menghasilkan uang dari iklan. Ini yang saya baru tahu. Maklumlah dengan usia saya yang hampir setengah abad tapi tetap masih terbilang hijau. Saya bisa dibilang masih sangat junior dibanding blogger yang usia muda tapi sudah senior dikancah Blogging. Tapi tidak ada kata terlambat untuk memulai, begitu pemikiran saya.

Sekali lagi, saya iseng – iseng mendaftar ke Google adsense, meskipun saya yakin pasti ditolak. Tapi setidaknya dari penolakan itu saya jadi tahu apa yang jadi kekurangan di blog saya. Dimana Saat itu usia blog hampir 3 bulan dengan 12 tulisan dan rata-rata 2 view / klik perhari.


Mendaftar pertama kali ke Google Adsense
Mendaftar pertama kali ke Google Adsense

Dan 2 hari kemudian mendapat email dari google adsense berupa penolakan


Penolakan pertama dari Google Adsense
Penolakan pertama dari Google Adsense

Penolakan pertama ini buat saya semangat mencari tahu apa yang kurang dari blog saya. Mulai lagi mencari tahu dari membaca Kebijakan Google Adsense sampai mencari tulisan tentang Google adsense di blogger lain. Ternyata masih ada kekurangan dari blog saya yang harus ditambahkan dan diperbaiki supaya memenuhi syarat.

Mulailah saya memperbaiki blog saya dengan menambahkan beberapa hal:

  1. Memperbaiki tema dan tata letak, katanya biar ringan kalau dibuka.
  2. Menambahkan Halaman About.
  3. Menambahkan Halaman Contact.
  4. Menambahkan Halaman Privacy and Policy.

Setelah memperbaiki dan menambahkan kekurangan di blog, saya lanjutkan menulis sambil menunggu waktu mendaftar lagi. Saya memang fokus tulisan saya sebaik mungkin, se-informatif mungkin. Prinsipnya apa yang saya tulis ada manfaatnya buat yang membaca. Sesuai tujuan awal saya membikin blog, fokus pada kualitas tulisan.


Mendaftar google Adsense kedua kali dan ditolak lagi

Setelah jalan hampir 2 bulan dari penolakan pertama kali, saya menambah beberapa tulisan. Sehingga blog saya yang saat itu berusia 5 bulan sudah mempunyai 21 tulisan dengan rata – rata masih 2 view / klik per hari. Sekali lagi saya mencoba untuk mendaftar ke google adsense supaya tahu apa lagi yang masih kurang dari blog saya. Karena dari beberapa tulisan yang beredar diinternet disebutkan kalau blog berusia lebih dari 6 bulan baru bisa disetujui. Meskipun dari Google adsense sendiri tidak menyebutkan persyaratan berapa usia blog yang disetujui.

Iseng – iseng saya mendaftar google adsense lagi, dan hanya butuh waktu 1 hari sudah terkirim penolakan. Ditolak lagi.


Penolakan kedua kali dari Google Adsense
Penolakan kedua kali dari Google Adsense


Saya berpikir blog saya ditolak mungkin karena usia blog yang baru 5 bulan. Tapi ada yang mengganjal, dengan view yang terlalu sedikit. Pemikiran saya begini, kalau blog dengan view yang sedikit seperti blog saya, mana ada yang mau pasang iklan di blog saya kan, bisa rugi Bandar. Meskipun tulisan saya baik dan informatif. Sama seperti orang buka usaha, biar barangnya bagus, tapi kalau usahanya ditengah sawah, mana ada orang nengok. Itu pemikiran sederhana saya, dimana blog yang beriklan saya umpamakan seperti sebuah usaha. Nah, dari situ saya berpikir bagaimana tulisan saya bisa viewnya naik, jangan sampai blog saya seperti ditengah sawah, tidak ada yang lihat tulisan saya.


Perbaikan blog yang cukup mendasar

Mulai bergerak lagi mencari informasi meningkatkan trafik tulisan. Dan ternyata tulisan saya katanya tidak SEO friendly. Yah muncul kata SEO. Mau tidak mau belajar tentang SEO dari banyaknya tulisan diinternet, semua saya baca satu-satu dan bandingkan. Mulai memperbaiki tulisan saya:

  1. Memperbaiki struktur tulisan untuk H1, H2, H3 (Saya menggunakan YOAST SEO untuk memperbaki struktur tulisan).
  2. Pelajari keyword (saya menggunakan Ubberguest Neil Patel untuk riset keyword).
  3. Memasang Deskripsi Penelusuran.
  4. Memberi link Internal dan eksternal.
  5. Mengkonversi gambar yang lebih kecil dan ringan.

Tulisan lama saya perbaiki, sambil tetap lanjut menulis. Harapannya saat itu trafiknya bisa naik setelah saya perbaiki.


Mendaftar google Adsense ketiga kali dan masih ditolak

Berjalan hampir 2 bulan dari penolakan kedua, blog saya berusia 8 bulan dengan 28 tulisan dengan rata – rata 4 view / klik per hari. Masih belum ada peningkatan view dari tulisan – tulisan saya yang lama. Beberapa tulisan baru juga beru terindex. Saya masih sabar menunggu perkembangannya. Tapi saya mau coba lagi untuk mendaftar google adsense lagi, apalagi bulan April 2020 sudah terimbas dampak pandemi Covid 19. Harapannya bisa diterima pengajuan google adsense biar kedepannya dapat penghasilan menggantikan penghasilan yang hilang karena pandemi Covid 19. Nekad saya daftar lagi dan masih tetap ditolak.

Penolakan ketiga kali dari google adsense
Penolakan ketiga kali dari google adsense


Saya berpikir kalau tulisan saya traffiknya masih kecil dan belum bisa memenuhi syarat, meskipun blog dan tulisan saya sudah banyak diperbaiki. Sempat membaca sebuah komentar dalam beberapa tulisan yang saya baca kalau katanya traffik 100 view perhari baru bisa disetujui. Bisa jadi, meskipun tidak tertulis disampaikan oleh google adsense.  Tapi tetap masuk akal buat saya, kembali seperti usaha kalau tidak ada yang lihat iklan juga percuma saja. Saya buka – buka tulisan saya apa yang masih kurang.


Mendaftar google Adsense keempat kali dan masih ditolak

Pada awal mei 2020 Setelah berjalan 1 bulan dari penolakan yang ke tiga kali di bulan April 2020 lalu, Saya dapat laporan performa dari Google Search Console melalui email.


Performa blog bulan April
Performa blog bulan April


Saya lihat selama bulan April saja view nya masih rata 4 view / klik perhari, tapi ada 1 tulisan baru yang saya tulis bulan Maret yang nongkrong di halaman 1 teratas di google. Saya jadi yakin perbaikan sudah ke arah yang benar. Iseng –iseng mencoba mendaftar google adsense lagi, siapa tahu dapat doorprize. Dan ternyata  masih ditolak.. hehehe.. ga apa-apa lah, ini ujian katanya.


Mendaftar google Adsense kelima kali dan masih ditolak

Sebulan lagi berjalan, saat itu usia blog saya 9 bulan dengan 31 tulisan. Awal bulan Juni 20, saya menerima laporan performa bulan Mei 2020 dari Google Search Console. Traffik tulisan saya naik 100% dalam bulan Mei dibanding bulan April. Dan ada 2 tulisan saya yang nongkrong peringkat 1 google, lumayan, setidaknya perbaikannya membuahkan hasil.


Performa blog bulan Mei
Performa blog bulan Mei


Iseng lagi saya coba untuk daftar google adsense, siapa tau diterima karena perbaikan traffik meski belum 100 view perhari. Dan masih tetap ditolak.


Mendaftar ke google Adsense keenam kali dan ahirnya disetujui

Pada awal bulan Juli 2020, blog saya berusia 10 bulan dengan 32 tulisan. Saya menerima laporan performa bulan Juni 2020 dari Google search console. Terjadi peningkatan drastis terhadap trafik tulisan saya. Selama bulan Juni 2020 terdapat 1.710 view / klik dengan 3 tulisan di peringkat 1 google. Berarti rata –rata 57 view bulan Juni 2020. Lumayan berhasil perbaikan tulisannya. Saya masih optimis buat mendaftar lagi ke google adsense, tapi saya tunggu perkembangan trafik bulan Juli.

Performa blog bulan Juni
Performa blog bulan Juni


Ternyata pada bulan Juli 2020 peningkatan trafik-nya meningkat terus, dalam seminggu terakhir bahkan tembus hingga lebih 100 view/ klik perhari. Padahal saya tidak menambah tulisan apapun dibulan Juli, maklum lagi sumpek kena imbas pandemic Covid 19. Dari perkembangan ini saya mau mencoba lagi mendaftar Google Adsense dengan rasa percaya diri pada tanggal 20 Juli 2020. Dan 4 hari kemudian saya dapat kiriman email kalau disetujui.

Mendaftar google adsense dan disetujui
Disetujui google adsense


Awal diterima Google Adsense adalah awal perjalanan selanjutnya

Akhirnya usaha dari seorang pemula berusia hampir setengah abad, yang tidak tahu apa – apa tentang blog, bisa membuahkan hasil. Buah belajar dan kerja keras dari blog yang berusia 11 bulan dengan 32 tulisan. Tapi bagaimanapun saya juga sadar, justru perjuangan baru dimulai dan proses belajar tetap berlanjut.

Apa yang saya alami dari membangun blog dari yang tidak tahu sama sekali hingga bisa disetujui saat mendaftar google adsense ke 6 kalinya. Mungkin tidak ada apa - apanya dibandingkan blogger senior dan profesional dengan usia yang jauh lebih muda. Mungkin ada blogger yang mendaftar hanya dengan usia blog 2 – 3 bulan dengan tulisan yang baru 10 artikel sudah diterima  Google Adsense. Mungkin juga ada blogger yang lebih sedikit atau lama dalam waktunya membangun blog hingga bisa memberikan penghasilan.

Namun pengalaman yang saya bagikan setidaknya bisa memotivasi teman – teman dalam membangun blog dengan baik hingga mempunyai penghasilan sendiri. Dengan usia yang jauh lebih muda dibandingkan saya, akan mempunyai banyak kesempatan yang lebih luas untuk berkarya dan berpenghasilan melalui blog.  Selama mau menjalankan proses belajar, memperbaiki dan mengembangkan, bukan suatu yang mustahil untuk mempunyai penghasilan melalui karya – karya dalam blog. Ayo Tetap berkarya dan semangat.

No comments:

Post a Comment