Sunday, February 14, 2021

Manfaat membaca buku sebelum tidur bagi kesehatan dan tubuh kita

Manfaat membaca buku sebelum tidur

Manfaat membaca buku sebelum tidur perlu kita ketahui, karena mungkin banyak dari kita belum terbiasa membaca buku sebelum tidur. Bukan hanya tidak terbiasa membaca buku sebelum tidur, tapi karena kebiasaan membaca buku di Indonesia termasuk memprihatinkan. Dibandingkan dengan negara – Negara di belahan dunia lain, menurut UNESCO, indeks minat baca di Indonesia hanya 0,001% atau dengan kata lain dari 1000 orang Indonesia hanya 1 orang yang mempunyai kebiasaan membaca. Nah kan.

Membiasakan membaca buku untuk mendapat manfaat membaca buku sebelum tidur

Saat ini banyak media masa memberitakan mengenai Elon Musk, CEO Tesla yang akan melakukan investasi di Indonesia. Belum lagi perbincangan bagaimana Elon Musk berinvestasi di Cryptocurrency hingga membuat mata uang digital Dogecoin melesat seperti roket buatan Tesla. Namun tidak banyak orang  tahu, kalau Elon Musk, yang heboh diperbincangkan ini, belajar membuat roket dengan membaca buku.

Siapa yang tidak tahu dengan Warrent Buffet, CEO the Berkshire Hathaway, yang dikenal sebagai salah satu investor sukses di jagat ini. Dari pengakuannya saat memulai karir investasinya, dia membaca 600 hingga 1000 halaman setiap harinya. Dan dia mengakui sebagai orang yang mencintai membaca buku.

Kita lihat Bagaimana orang sukses dalam karir bisnisnya masih memberikan waktunya untuk membaca buku. Kata kata bijak pernah kita dengar bahwa buku adalah jendela ilmu pengetahuan, maka waktu kita tidak akan sia – sia untuk membaca buku. Dan ternyata membaca buku juga punya manfaat lain selain mendapatkan pengetahuan, terutama sebelum tidur. Bagaimana manfaat membaca buku selain mendapat wawasan dan pengetahuan, apalagi manfaat membaca buku sebelum tidur bagi diri kita sendiri. Mari kita simak bagaimana manfaat membaca buku sebelum tidur.


Manfaat membaca buku sebelum tidur dapat meningkatkan kemampuan otak dan konsentrasi kita

Apabila kita terbiasa dengan dawai seharian dengan berbagai banyak informasi justru tidak akan memperbaiki konsentrasi kita. Namun pada saat malam hari menjelang tidur, kita membiasakan membaca buku, kita kan dipaksa untuk fokus berkonsentrasi pada satu topik. Hal ini akan melatih otak kita untuk meningkatkan daya konsentrasi dan kekuatan otak.

Bagaimanapun otak juga terdiri dari saraf dan otot yang membutuhkan latihan. Mengutip kata – kata Kenneth Pugh PhD dari Haskins Laboratories bahwa dengan membaca lebih memberikan rangsangan pada otak secara neurobiologis daripada memproses gambar atau ucapan. “Saat kita membaca, bagian otak berevolusi untuk fungsi lain, seperti penglihatan, bahasa, dan pembelajaran asosiatif, terhubung dalam susunan saraf tertentu untuk membaca, yang sangat menantang".

Demikian juga yang disampaikan oleh Maryanne Wolf,direktur Pusat Membaca dan Penelitian Bahasa di Universitas Tufts bahwa “Kalimat adalah singkatan dari banyak informasi yang harus disimpulkan oleh otak kita. Secara langsung, kecerdasan kita dipanggil untuk bertindak, membuat konsentrasi yang lebih besar. Biasanya, saat kita membaca, kita akan memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir. Membaca memberi kita waktu jeda yang unik berhenti sejenak untuk memahami dan menambah wawasan. Hal ini tidak akan kita temukan saat Anda menonton film atau mendengarkan kaset”. Dan bagaimana manfaat membaca buku sebelum tidur untuk meningkatkan konsentrasi kita?. Waktu sebelum tidur adalah waktu dimana badan dan pikiran kita pada kondisi untuk siap diistirahatkan. Sehingga kita bisa fokus pada buku yang topiknya sesuai suasana hati kita.


Manfaat membaca buku sebelum tidur dapat mengurangi stres

Seharian beraktivitas dengan segala permasalahan disekitar kita, bahkan saat mau tidurpun segala persoalan masih ada dalam benak kita. Belum lagi kita harus memikirkan apa yang harus dilakukan keesokan harinya. Hal ini dapat meningkatkan stress pada diri kita.

Dari seorang ahli saraf bernama Dr. David Lewis asal Inggris mengungkapkan bahwa membaca buku cara paling baik dalam menurunkan tingkat stress hingga 68%. Karena membaca dapat mengalihkan pikiran dari hal – hal yang menjadi beban pikiran kita.

Cukup dengan membaca buku yang sesuai dengan selera kita, terutama buku ringan berupa cerita yang menyenangkan. Hal tersebut sudah sangat membantu mengalihkan pikiran dan menurunkan  beban stres kita. Apalagi kalau buku yang kita baca adalah buku – buku terkait rohani atau motivasi yang dapat menenangkan diri kita dan membangkitkan semangat.


Manfaat membaca buku sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur lebih baik

Sudah menjadi kebiasaan bagi kita sekarang ini, memelototi dawai kita hampir seharian penuh. Ada baiknya kita menjauhkan dawai pada saat mau tidur dan mengganti kebiasaan dengan membaca buku sebelum tidur. LED layar biru dari dawai dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang diproduksi secara alami dalam tubuh yang membantu kita untuk tidur.

Sama halnya yang sudah kita bahas diatas bahwa membaca mempengaruhi kerja otak dan saraf, dimana kita bisa lebih fokus dan rileks. Dimana gerakan motorik dari mata yang stabil bergerak dari kiri ke kanan secara terus menerus dapat membuat mata menjadi rileks. Sehingga dari pikiran yang terfokus pada hal yang kita baca dan otak kita berkurang bebannya. Ditambah mata yang menjadi rileks karena membaca, membuat kita bertambah mengantuk dan tertidur dengan tenang.

Pada saat menjelang tidur, kita akan menciptakan suasana yang tenang dan nyaman dengan membaca buku. Sehingga manfaat membaca buku sebelum tidur akan kira rasakan dan nikmati sepanjang malam menjaga kualitas tidur malam kita. Mungkin sekarang saatnya kita jadikan kebiasaan tiap hari, Membiasakan membaca buku sebagai literasi yang menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Juga membiasakan membaca buku sebelum tidur agar kita juga dapat merasakan manfaat membaca buku sebelum tidur. Untuk kualitas tidur dan kesehatan kita… Kapan akan kita dimulai?