Wednesday, September 30, 2020

Manfaat minum air putih saat perjalanan agar badan kita bugar

manfaat minum air putih saat perjalanan

Manfaat minum air putih saat perjalanan atau traveling bahkan hiking buat menjaga ketercukupan cairan dalam tubuh. Terutama aktivitas perjalanan yang kita lakukan dalam kondisi cuaca yang cukup panas, apalagi Negara kita mempunyai iklim tropis. Sehingga kebutuhan asupan cairan dalam tubuh akan sangat dibutuhkan pada saat melakukan aktivitas diluar ruang seperti perjalanan wisata atau bahkan mendaki gunung.

Mengetahui hidrasi dan dehidrasi agar mengetahui manfaat minum air putih saat perjalanan

Kita semua pasti mengenal istilah hidrasi dan dehidrasi, namun kita harus mengerti apa itu hidrasi dan dehidrasi. Apabila kita berusaha menjaga kesehatan badan saat perjalanan agar tetap hidrasi dan tidak dehidrasi. Mari kita simak apa makna kata tersebut secara medis seperti berikut ini:

  • Hidrasi, secara istilah medis merupakan kecukupan atau keseimbangan cairan dalam tubuh yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Air merupakan cairan yang sangat baik dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  • Dehidrasi, merupakan kondisi yang disebabkan karena kekurangan cairan dalam tubuh. Kekurangan cairan ini menyebabkan ketidakseimbangan gula dan garam yang mengganggu jalannya fungsi dalam tubuh.
Salah satu faktor resiko penyebab dehidrasi adalah apabila kita melakukan aktivitas cukup berat diluar ruangan dengan kondisi panas dan lembab dan di dataran tinggi. Pada kondisi kita melakukan perjalanan atau traveling bahkan hiking akan membutuhkan air lebih banyak dari aktivitas biasanya.

Berikut ini gejala yang timbul apabila kita mengalami dehidrasi ringan:

  • Rasa haus.
  • Jumlah urin menurun  dan urin berwarna pekat atau gelap.
  • Mulut kering, mudah lelah, cepat mengantuk.
  • Sakit kepala.
Kalau kita ke toilet bandara banyak kita ketemu poster kecil yang tertempel di atas urinoir. Memperlihatkan warna degradasi dari putih ke oranye gelap, sebagai ukuran warna urin kita saat di toilet. Kurangnya cairan dalam tubuh menyebabkan fungsi – fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik. Terutama otak yang mempunyai komposisi cairan 85% , Paru – paru dan ginjal dengan komposisi cairan 80%.


Manfaat minum air putih saat perjalanan

Dengan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dengan minum air putih saat perjalanan, kita bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak daripada minum – minuman manis.

Menurut laporan kesehatan dari Harvard medical School, manfaat minum air putih saat perjalanan dan kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Membawa nutrisi dan oksigen ke sel tubuh dan membuang bakteri dari kandung kemih.
  • Membantu pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Menormalkan tekanan darah dan Menstabilkan detak jantung.
  • Pelumas bantalan sendi dan melindungi organ dan jaringan.
  • Mengatur suhu tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit (natrium).

Dengan membuat tubuh kita tetap terhidrasi maka manfaat minum air putih saat perjalanan akan kita rasakan dan tetap menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.


Berapa banyak kita butuh minum air putih saat perjalanan?

Yang jadi pertanyaan adalah apakah kita mempunyai cukup air putih dan berapa banyak. Bergantung pada ukuran badan dan usia kita, tingkat aktivitas kita, dan kondisi cuaca. Kebutuhan asupan air berbeda – beda dari satu orang dengan orang lain. Secara umum bagi kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya 2 liter air per hari. Namun kalau kita melakukan aktivitas berat, perjalanan jauh berat dan tempat dataran tinggi akan membutuhkan lebih banyak dari normalnya. Kebutuhan air untuk liburan aktif, perjalanan atau aktivitas berat membutuhkan tambahan sekitar 50% lebih banyak dari kebutuhan normal per hari.

Kita juga mendapatkan tambahan asupan cairan dari makanan yang kita makan salah satunya adalah buah – buahan. Beberapa buah – buahan mempunyai kandungan air yang banyak seperti Semangka, Jeruk, mentimun dan masih banyak lagi.


Tips untuk mendapatkan manfaat minum air putih saat perjalanan agar tetap bugar

Beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk menjaga ketersediaan air selama perjalanan. Agar perjalanan tetap menyenangkan tetapi juga menjaga tubuh dan alam sekitar.

Berikut tips agar kita dapat manfaat minum air putih saat perjalanan:

  1. Membawa botol air minum sendiri untuk memudahkan perjalanan kita.
  2. Membawa banyaknya air putih sesuai kebutuhan selama perjalanan.
  3. Memilih minum air putih daripada minum air manis atau soda, hal ini untuk menjaga kalori kita dan kebugaran tubuh.
  4. Menambahkan irisan jeruk atau buah dalam botol minum kita selain memberikan nutrisi pada air putih kita juga menambahkan rasa. Sehingga kita tidak bosan minum air putih.
Membawa botol minum sendiri selam perjalanan berupa tumbler aluminum dan bukan botol plastik sekali pakai. Selain agar air putih yang kita isi ulang tidak terkontaminasi oleh bahaya plastik, kita juga dapat mengurangi sampah plastik terutama sampah sekali pakai.

Dengan tips semua diatas bisa menjadikan perjalanan kita menyenangkan, badan tetap sehat dan bugar dan alam juga bersih dari sampah plastik.

No comments:

Post a Comment