Pantai Tegal Wangi, indahnya sunset, pantai dan tebingnya

Pantai Tegal Wangi, dengan tebing yang menjulang beralaskan pasir putih tersapu gulungan ombak besar. Pantai dengan latar laut biru yang membentang luas, membuat siapapun akan betah berlama-lama menikmati keindahannya.

Pantai Tegal Wangi dari atas bukit - Backpacker Manyar
Pantai Tegal Wangi dari atas bukit

Terletak di daerah Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali berdekatan dengan Pura Segara Tegal Wangi, tersembunyi sebuah pantai yang tenang dan sunyi di balik tebing karang.

Letak Pantai Tegal Wangi - Bali

Berjarak sekitar 22,2 km dari pusat kota Denpasar, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit. Kita dapat menggunakan beberapa alternatif jalan menuju daerah Uluwatu Jimbaran Bali, dengan akses jalan yang cukup baik untuk dilewati kendaraan roda 4 atau roda 2. Pada sore hari jalan menuju ke Uluwatu atau Jimbaran cukup padat apalagi pada saat high season di Bali. Dimana jalan dipenuhi dengan banyaknya bis pariwisata yang mengantarkan wisatawan, terutama setelah sore hari akan sangat padat pada titik – titik lampu merah. 

Memasuki daerah Jimbaran badan jalan tidak sebesar jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai, namun tidak terlalu ramai kendaraan melintas. Sesampainya di jalan Karang Mas terus menuju jalan Tegal wangi jalan sangat lengang. Kontur jalan yang cenderung menanjak dan menurun, saya harus sedikit berhati-hati dengan kecepatan kendaraan karena sering melintas kendaraan berlawanan arah dengan badan jalan yang kecil. Sesampainya di jalan Tegal Wangi, sudah terlihat jelas hamparan laut yang biru membentang luas, tak sabar rasanya ingin sampai ke pantai.

Tidak berapa lama sudah sampai ke ujung jalan Tegal Wangi. Area parkir sepeda motor dan mobil di tanah lapang yang luas berhadapan dengan Pura Segara Tegal Wangi. Terlihat di sisi jalan terdapat tembok pembatas yang besar dengan gerbang tertutup. Pada sisinya terdapat penjual asongan yang menjual minuman ringan dan makanan. Setelah memarkir kendaraan saya coba telusuri jalanan sekitar tembok untuk masuk ke area pantai Tegal Wangi.

Menuju ke Pantai Tegal Wangi

Pengunjung dapat menelusuri jalan samping tembok pembatas, terdapat jalan kecil persis di antara tembok dan Pura, sepanjang jalan kecil terdapat penjual minuman dan makanan. Sebelumnya saya mendapatkan info kalau memasuki area pantai Tegal Wangi dikenakan biaya masuk. Sejak tulisan ini dibuat bulan November 2019 ini tidak ada pengenaan biaya tiket masuk. Juga tidak terdapat petugas dari desa setempat yang menjaga seperti biasanya ditempat wisata lain di Bali. Setelah melewati jalan kecil disamping tembok pembatas, terlihat tanah yang luas persis dipinggir tebing. 

Tebing atas sebelum menuju Pantai Tegal Wangi
Area lapang diatas tebing

Di area tanah lapang pinggir tebing ini saya melihat masih banyak sampah yang dibuang oleh pengunjung dengan sembarangan. Meskipun ditanah lapang tersebut sudah ada papan peringatan dan himbauan. Sangat disayangkan area tanah lapang ini tidak terjaga baik kebersihannya. Padahal kalau sore hari banyak pengunjung yang duduk ditanah lapang ini untuk menikmati keindahan laut dan matahari tenggelam.

papan peringatan untuk menjaga Pantai Tegal Wangi
Papan Peringatan

Pada papan peringatan ini saya juga membaca larangan untuk melakukan aktivitas foto wedding. Pemandanganya memang sangat indah untuk dijadikan latar belakang foto wedding. Kemungkinan larangan ini ditujukan agara tidak mengganggu wisatawan lain yang ingin menikmati keindahan pantai dan laut. Setidaknya ada larangan seperti ini dibuat, pasti ada pertimbangan tersendiri atau hal-hal yang melatar belakanginya. Entahlah, namun saya yakin tujuanya pasti baik buat semua orang yang berkunjung.

Pesona Pantai Tegal Wangi dinikmati dari atas - Backpacker Manyar
Wisatawan asing menikmati Pantai Tegal Wangi

Dari atas tebing saya bisa melihat begitu indah laut biru terbentang luas dengan berpagar tebing karang yang tinggi. Tak sabar rasanya saya untuk segera menuruni tebing menuju pantai berpasir dibawahnya. Di sisi tebing terdapat jalan menurun ke pantai yang terbuat dari batu karang, ada baiknya kita berhati-hati untuk menuruninya.

Menyusuri Pantai Tegal Wangi - Bali

Pada saat menuruni jalan menuju pantai Tegal Wangi, saya sempat menengok disisi pantai berkarang, terlihat beberapa orang melakukan aktivitas memancing, berdiri di atas karang.

Memancing di pinggir Pantai Tegal Wangi
Memancing di Pantai Tegal Wangi

Ternyata pada sisi yang terendam laut terdapat karang yang dalam dan curam tempat ikan berlindung dari kerasnya ombak. Itulah kenapa alasannya mereka yang berkunjung ke pantai Tegal Wangi ini tidak diperkenankan untuk berenang. Selain karena arus balik ombak yang kuat juga karena karang didalam laut yang curam. Pernah ada cerita, pengunjung yang meninggal terseret kuatnya ombak karena mengabaikan peringatan untuk tidak berenang. Memang ada baiknya kita tidak mengabaikan peringatan yang dibuat untuk keselamatan kita sendiri. 

Setelah menuruni jalan disisi tebing karang, saya melihat keindahan pantai Tegal Wangi. Pantai yang tidak terlalu luas namun tenang dan indah berpasir putih. Tebing karang ini sangat pintar menyembunyikan keindahan pantai.

Menyusuri Pantai Tegal Wangi diantara debur ombak - Backpacker Manyar
Pantai Tegal Wangi

Dari pinggi pantai dapat dilihat beberapa perahu nelayan yang melintasi lautan. Entah selesai melaut atau hendak melaut mencari ikan, setidaknya menambah pesona laut.

Dari pinggir Pantai Tegal Wangi terlihat nelayan melaut
Nelayan sedang melaut

Menengok kekiri maupun kekanan, pantai Tegal Wangi ini seperti dibentengi oleh karang yang menjulang tinggi, seakan melindungi keindahannya dari kerusakan.  Pengunjung tidak hanya duduk dipasir pantai namun seperti sepasang wisatawan yang juga menikmati keindahan laut dengan berdiri berhati-hati diatas karang.

Semakin sore ombak semakin kuat menggulung pantai, air lautnya sampai hampir ke tebing karang. Bisa jadi pada malam hari pada saat laut pasang, ombaknya akan menghempas sampai kesisi tebing karang. 


Debur ombak menerjang pasir Pantai Tegal Wangi - Backpacker Manyar
Ombak Pantai Tegal Wangi


Pesona Matahari tenggelam di Pantai Tegal Wangi

Hari semakin sore, cuaca panas berangsur-angsur sejuk oleh angin laut, saat yang ditunggu-tunggu sudah tiba, apalagi kalau bukan buat menikmati keindahan matahari tenggelam. Iya, pantai Tegal Wangi ini terkenal dengan keindahan matahari tenggelam. Itulah kenapa di sisi selatan banyak hotel dan bar yang dibangun tepat dipinggir tebing. Hal ini memudahkan tamu-tamunya menikmati minum dan makan di sore hari ditemani indahnya matahari tenggelam.

Pesona Sunset di Pantai Tegal Wangi yang tenang - Backpacker Manyar
Sunset di Pantai Tegal Wangi

Sampai matahari tidak terlihat, langitpun masih memberikan keindahan tarian warna dan awan yang menghiasinya seperti kanvas besar. Ternyata itu alasannya kenapa banyak pengunjung dan wisatawan berlama-lama duduk diatas tebing hingga malam hari.

Menikmati senja di Pantai Tegal Wangi yang sunyi dan tenang - Backpacker Manyar
Senja di Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi, disembunyikan oleh tebing karang yang menjulang tinggi tapi tidak bisa menyembunyikan keindahannya bagi siapapun yang ingin mencari ketenangan seperti saya tanpa perlu harus mengeluarkan biaya yang mahal. Namun masih ada pantai yang tenang fi daerah Badung Bali untuk menikmati keelokan sunset seperti Pantai Munggu, Pantai Batu Belig dan Pantai Kayu Putih.

Tag: Travelling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar