Air Terjun Tukad Cepung, keindahan yang tersembunyi dalam sebuah gua

Air Terjun Tukad Cepung mengalir dalam sebuah tebing gua yang eksotis. Derasnya aliran air terjun yang bagian dari aliran sungai Cepung yang berliku dan bertebing tinggi, seakan menantang untuk ditelusuri. 


Mengalir Air Terjun Tukad Cepung dalam gua - Backpacker Manyar
Air Terjun Tukad Cepung


Berada di Dusun Penida Kelod, Tembuku, Air Terjun Tukad Cepung merupakan salah satu wisata alternatif Kabupaten Bangli, Bali. Air terjun yang terjaga kelestariannya ini aliran sungainya juga dimanfaatkan sebagai pengairan persawahan sekitar dusun.

Letak Air Terjun Tukad Cepung - Bali

Kita bisa melakukan perjalanan dari Denpasar menuju ke kabupaten Bangli, Bali melalui banyak jalan alternatif. Namun Saya kali ini tetap menempuh perjalanan melalui Jalan Prof Dr. Ida Bagus Mantra dengan pertimbangan memperlancar perjalanan. Rute perjalanan yang hampir sama ketika saya mengekplorasi air terjun yang berada di Kabupaten Gianyar. Karena posisi kabupaten Bangli berada persis disebelah timur dari kabupaten Gianyar.

Apabila menuju ke Air Terjun Tukad Cepung dari kota Denpasar, kita akan menempuh jarak 47 Km. Serta waktu tempuh kurang lebih sekitar 1 jam 30 menit. Sedikit lebih jauh apabila kita menuju air Terjun Tibumana yang juga berada di Kabupaten Bangli. Kabupaten Bangli sendiri mempunyai beberapa air terjun yang mempunyai karakteristik berbeda-beda sebagai tempat wisata alam.


Harga Tiket Masuk Air Terjun Tukad Cepung

Setelah sampai ke Jalan Tembuku dan memasuki jalan kecil menuju Area parkir Tukad Cepung. Area Parkir ini cukup luas untuk menampung sekitar 15 hingga 20 mobil. Loket masuk berada dekat area parkir yang dikelola oleh warga dusun Penida Kelod. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000, kita sudah bisa memasuki area AirTerjun Tukad Cepung.

Dari loket masuk, kita melalui jalan menurun yang bertangga. Perjalanan yang memakan waktu sekitar 10 – 15 menit dengan tangga yang berliku. Setelah itu kita akan melewati sungai, terkadang akan bertemu anak – anak desa yang bermain di sungai. Sungai ini juga digunakan untuk mengairi persawahan di dusun Penida Kelod. Untuk itu terdapat pintu air yang mengatur debit air pada saat musim hujan maupun kemarau.


Kemudian kita akan melewati tangga berbatu dilereng Sungai / Tukad Cepung. Kita harus berhati- hati melewat tangga batu ini karena cukup licin. Setelah itu akan menuruni tebing berbatu hingga sampai disungai Cepung.


Alam yang masih asri menuju Air Terjun Tukad Cepung
Sungai / Tukad Cepung


Menikmati Kesegaran Air Terjun Tukad Cepung

Sungai / Tukad Cepung mempunyai tebing batu yang tingginya sekitar 10 meter. Dengan bebatuan besar yang terhampar sepanjang sungai. Untuk menuju ke air terjun Tukad Cepung, kita harus menyusuri sungai dengan bebatuan besar ini.


Air Terjun Tukad Cepung dilindungi tebing berlumut
Tebing  yang tinggi


Selama kita menyusuri sungai Cepung, kita bisa melihat bagaimana kondisinya masih asri. Tumbuhan dan tanaman tumbuh lebat diatas tebing sungai. Tebing ditumbuhi lumut yang menghijau dengan air yang mengalir cukup deras.

sekitar Air Terjun Tukad Cepung yang rimbun tanaman
Alam yang aasri


Meyusuri diantara bebatuan hingga kita sampai pada sebuah tebing gua yang menyembunyikan air terjun yang eksotis. Capeknya perjalanan menuju ke air terjun Tukad Cepung akhirnya terbayarkan dengan keindahannya.

Kesegarannya terlihat dari air yang mengalir deras dari sebuah tebing gua berketinggian sekitar 10 meter. Perlu diketahui, air terjun Tukad Cepung ini tidak mengenal musim hujan atau kemarau. Namun airnya mengalir sangat deras pada musim penghujan. Sehingga kapanpun kita datang, kita tetap bisa menikmati keindahan air Terjun.


Air Terjun Tukad Cepung yang menyejukan - Backpacker Manyar
Air Terjun Tukad Cepung


Bagi yang sangat hobi dengan foto selfie, Air Terjun Tukad Cepung sangat cocok untuk berselfie. Karena tempatnya sangat instagramable. Setiap pengunjung yang datang selalu berselfie dengan berbagai posisi diantara guyuran air terjun.

Dalam rongga gua mengair Air Terjun Tukad Cepung - Backpacker Manyar
Selfie di Air Terjun Tukad Cepung


Alamnya yang asri, airnya yang mengalir deras dengan tebing sungai yang tinggi menjaga kelestarian Air Terjun. Akan selalu memberikan pesona dan kesegaran alaminya bagi siapapun yang datang untuk menikmatinya. Kalau kita masih belum puas bermain air terjun, bisa mampir di Air Terjun Tibumana yang masih didaerah Bangli.

Menjaga kelestarian alam untuk memberikan manfaat yang banyak bagi kita, seperti Air Terjun Tukad Cepung. Selain manfaatnya untuk pengairan setiap petak persawahan dusun Penida Kelod juga memberikan kesegaran dan keindahaan bagi pengunjung. Bagi siapapun yang ingin bersantai menyegarkan pikiran dan perasaan lepas dari segala rutinitas sehari – hari. Apabila kita menjaga alam, maka alampun akan menjaga kita.

Tag: Travelling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar