Tuesday, May 19, 2020

Mari kita intip praktisnya Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Samsat Online Nasional

Tampilan Samsat online Nasional untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor


Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Online Nasional lebih praktis buat dan kita tidak harus ke Samsat seperti dulu. Kalau kita ingat bagaimana kita harus ke kantor Samsat dan antri hanya untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Dengan adanya terobosan dalam pelayanan daring berupa aplikasi yang dinamai Samsat Online Nasional, kita sangat dimudahkan.


Penerapan Samsat Online Nasional untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor

Pada awal September 2017 terjalin kerjasama integrasi 7 provinsi untuk pelayanan Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) secara online. Mabes Polri, 7 provinsi, 7 Bank pembangunan Daerah dan 7 bank swasta. Penerapan ke 7 provinsi yaitu Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali dan Banten pada Oktober 2017. Kemudian tahun 2018 diterapkan ke 17 provinsi yang lain, dan April 2019 diterapkan secara nasional ke 34 provinsi di Indonesia.

Integrasi layanan Samsat Online Nasional ini memudahkan kita membayar pajak kendaraan bermotor dimanapun kita berada. Terutama bagi orang seperti saya yang perantuan dengan alamat KTP masih daerah asal. Dan sama seperti mereka yang bekerja di luar daerah, tidak harus pulang kedaerahnya hanya untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Cukup dengan menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional sudah sangat membantu dalam waktu dan biaya.


Aplikasi untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online

Samsat online Nasional adalah sebuah layanan aplikasi pembayaran pajak kendaraan bermotor dalam sebuah jaringan online. Berupa aplikasi Samsat Online Nasional yang penggunaannya harus melalui Mobile phone dan dapat diunduh di Google play Store. Meskipun ada aplikasi Samsat Online web yang dapat diakses melalui PC atau laptop tapi hanya berfungsi sebagai panduan dan informasi. Sedangkan pendaftaraan dan pembayarannya harus tetap menggunakan aplikasi berbasis mobile phone. Aplikasi ini terbatas digunakan untuk pembayaran:

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)
  • Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) pengesahan Surat Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (STNK)

Menu - menu pada aplikasi Samsat Online Nasional terdiri dari:

  1. Menu Pendaftaran, Menu yang digunakan untuk mendaftarkan STNK yang akan kita bayarkan.
  2. Menu Info proses, Menu untuk mengetahui status pembayaran STNK yang sudah didaftarkan.
  3. Menu Info Pajak, Menu yang digunakan untuk informasi jumlah pajak yang harus dibayarkan.
  4. Menu E-TBPKP, Menu yang digunakan untuk menunjukan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) secara elektronik.
  5. Menu E-STNK, menu yang digunakan untuk menunjukan Pengesahan STNK secara elektronik.
  6. Menu Pindah Bukti, Menu yang digunakan untuk memindahkan data E-TBPKP dan E-STNK apabila kita berganti handphone atau antar handphone.
  7. Menu Pengaduan, Menu yang digunakan untuk pengaduan atas kesalahan data pajak atau hal lainnya terkait E-STNK.
  8. Menu Panduan, Menu ini terdapat 2 panduan yaitu Panduan Pendaftaraan dan Panduan Pembayaran.


Cara Pendaftaran dan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Online Nasional

Sebelumnya kita harus menyiapkan beberapa dokumen dan email yang nantinya akan diisi ke aplikasi Samsat Online Nasional:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (STNK)
  • Email pribadi
  • Kartu ATM atau mobile Banking

Perlu diingat bahwa nama dan alamat yang tertera di STNK harus sama dengan nama di KTP sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Bukti pengesahan STNK dikirimkan berdasarkan alamat yang tertera di STNK.


A. Proses Pendaftaraan pembayaran pajak Kendaraan bermotor melalui Samsat Online Nasional

Berikut ini proses pendaftaran sebelum melakukan pembayaran kendaraan bermotor melalui aplikasi Samsat Online:

1. Mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional

Aplikasi Samsat Online Nasional diunduh di Google play store melalui Handphone dan diinstal. Kita dapat membuka juga melalui versi web untuk melihat panduan, informasi dan sosialisasi. Setelah aplikasi terinstal, kita buka hingga tampilan Samsat Online Nasional. Klik “mulai” untuk melakukan proses pendaftaran dan pembayaran pajak kendaraan bermotor.


Aplikasi Samsat online Nasional
Aplikasi Samsat online Nasional


2. Masuk ke Menu pendaftaran

Setelah itu akan tampil beragam menu – menu pada halaman awal. Selanjutnya klik pada menu pendaftaran.


Tampilan Menu di Samsat Online Nasional
Tampilan Menu di Samsat Online Nasional


3. Mengisi data ke Menu pendaftaran

Kemudian kita isikan data – data sesuai dengan KTP dan STNK pada kolom yang tersedia. Wajib Kita juga isi alamat email dan nomer Handphone sebagai kelengkapan data. Setelah data terisi dengan benar bisa dilanjutkan dengan klik “Lanjutkan”.


Menu Samsat Online Nasional untuk pembayaran pajak motor
Menu Samsat Online Nasional untuk pembayaran pajak motor


Setelah itu klik lanjutkan hingga tampil detail data pemilik kendaraan dan nilai pajak yang harus dibayarkan. Apabila data dan nilai pajak sudah sesuai bisa langsung klik “Setuju”. Namun kalau datanya masih belum sesuai, bisa klik “Batal”. Di tampilan ada kode bayar yang nantinya digunakan untuk pembayaran di ATM atau mobile banking. Kode bayar ini hanya berlaku 2 jam dari sejak proses pendaftaran.


Kode bayar untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor
Kode bayar untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor


B. Proses pembayaran pajak Kendaraan bermotor melalui Samsat Online Nasional

Sebelum melakukan pembayaran, kita bisa cek daftar bank yang sesuai dengan kepemilikan rekening kita pada Samsat Online web. Terdapat 7 Bank Swasta, 25 Bank Pembangunan Daerah dan 1 Toko Online yang akan memfasilitasi pembayaran. Tinggal kita pilih mana yang bisa kita gunakan sesuai rekening yang kita miliki.  Panduan dengan cara bayar melalui mobile banking masuk di menu “Panduan” klik “Panduan Pembayaran”. Kemudian pilih Bank yang sesuai dengan rekening kita. Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Online nasional bisa dengan 2 cara yaitu:


1. Cara bayar pajak kendaraan bermotor yang pertama: dengan menggunakan mobile Banking.


pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui mobile banking
pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui mobile banking


2. Cara bayar pajak kendaraan bermotor yang kedua: dengan menggunakan ATM Bank.


Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM
Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM


Saat itu saya melakukan pembayaran dengan Bank BNI dengan cara bayar melalui ATM. Tidak terlalu berbelit belit karena semua menu terlihat mudah seperti pembayaran online lainnya. Saya hanya perlu memasukan kode institusi dan kode bayar menyambung. Setelah tekan iya muncul konfirmasi pembayaran yang berisi data- data kendaraan saya dan nilai pajak yang harus dibayarkan.


a. Info proses

Setelah melakukan pembayaran kita bisa klik menu “Info Proses” untuk melihat status pembayaran. Maka kan muncul tampilan yang berisi Nopol, nama, NIK dan status bayar. Pada menu ini kita bisa melihat kendaraan bermotor yang yang kita miliki sudah kita daftarkan dengan status pembayaran.


Info proses pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui samsat online nasional
Info proses pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui samsat online nasional


b. E-STNK Pengesahan

Setelah kita melihat status pembayaran sudah terkonfirmasi, selanjutnya kita ke menu “E-Pengesahan STNK”. Hingga muncul list STNK yang kita daftarkan, tinggal kita klik pada STNK yang selesai proses pembayarannya. Kemudian tampilan berbentuk STNK yang berisi Nama, data kendaraan dan batas waktu E-STNK. Saat ini batas waktu STNK berlaku selama 30 hari, hingga stiker pengesahan STNK dikirim ke alamat yang tertera di STNK. Jadi yang terakhir kita tinggal menunggu menerima kiriman Stiker pengesahan STNK dari Samsat setempat.


E-STNK pengesahan Samsat Online Nasional
E-STNK pengesahan Samsat Online Nasional


Semua langkah – langkah pembayaran cukup mudah untuk dilakukan, namun server daerah juga akan berpengaruh atas transaksi data online ini. Sempat yang saya alami ada kendala dari server Dispenda jawa timur yang sedang bermasalah, meskipun saya menggunakan kode Samsat Nasional. Tapi setelahnya bisa berjalan lancar. Nantinya saya tinggal melakukan rutinitas 5 tahunan yaitu Perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar dan Samsat Sidoarjo. Sekarang ini prosesnya juga tidak lama dan tidak butuh bantuan pihak lain.

Cara pembayaran pajak kendaraan bermotor sekarang ini memang sangat mudah dan tidak harus datang ke kantor Samsat. Sangat membantu bagi kita. Semoga Nantinya perpanjangan STNK 5 tahunan juga bisa dilakukan jauh lebih efektif dan efesien lagi. Salut untuk semua pihak yang mewujudkan Aplikasi Samsat Online Nasional ini.


No comments:

Post a Comment