Monday, June 1, 2020

Segudang manfaat bambu yang perlu kita tahu bagi kehidupan kita

Manfaat Bambu dapat ditemukan dari mulai akar, tunas, batang sampai daunnya. Dengan keunikannya sebagai tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat. Cara bertumbuhnya yang cepat itu justru tidak mengganggu ekosistem di sekitarnya. Karakteristik bambu membuatnya mempunyai beragam manfaat baik bagi lingkungan hidup maupun dalam kehidupan sehari – hari. Menjadikanya sebagai bahan alternative pengganti plastik yang sangat ramah lingkungan.

manfaat bambu bagi kehidupan kita

Karakteristik, ekologi dan manfaat bambu

Kekaguman saya pada tanaman yang bulat dan tumbuh tinggi ini dimulai pada saat saya masih bekerja di sebuah camp edukasi lingkungan hidup. Meski saya bekerja di bagian keuangan, tapi lingkungan kerja yang membuat saya kagum dengan tanaman satu ini, bambu. Karena bidang usaha camp edukasi lingkungan hidup, maka seluruh bangunan hingga furniture harus menggunakan bahan ramah lingkungan. Seminimal mungkin penggunaan plastik, bila perlu zero plastik, begitu prinsipnya. Dan yang dipilih adalah berbahan bambu. Jadi kantor, ruang kerja hingga meja kursi, bahkan (maaf) toilet, semua berbahan bambu. Dan area camp ini berdiri didalam hutan bambu ditepi sungai di daerah utara Denpasar.


Camp terbuat dari Bambu
Camp terbuat dari Bambu


Dari pengalaman itulah saya mencoba menularkan kekaguman saya atas bambu. Tanaman yang tidak merusak ekosistem sekitarnya. Mempunyai banyak kegunaan dan benar – benar bisa menjadi bahan alternatif yang murah, tentunya sangat ramah lingkungan.

Sebelum kita berbicara mengenai manfaat bambu, tentu saja kita harus mengenal terlebih dahulu apa dan bagaimana bambu. Tak kenal maka tak sayang, begitu kata orang bijak. Bahkan ada juga orang yang sangat tergila – gila atas kegunaan tanaman yang satu ini. Salah satunya adalah pemilik dari camp ini. Mulai dari rumah, villa, hotel, camp dan sekolah yang dia miliki, semua bangunannya berbahan bambu. Bisa dibayangkan dengan biaya yang jauh lebih murah dan kuat tapi mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Dan jangan lupa bahan ini sangat ramah lingkungan. Untuk itulah kita kenal lebih dulu, biar lebih mudah buat sayang.


A. Karakteristik  Bambu

Mirip sekali dengan rumput, kalau kita perhatikan bahwa karakteristik bambu mempunyai batang bersendi. Kemiripan itu memang karena bambu merupakan bagian dari keluarga rumput. Salah satu jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Pada umumnya batangnya berlubang tapi beberapa spesies bambu memiliki batang yang solid. Karakteristik bambu terlihat dari batangnya, dimana setiap segmen batangnya dimulai dan diakhiri dengan sambungan solid yang disebut Simpul atau Node. Dengan Segmen diantara simpul disebut dengan Ruas atau Internode. Dari tiap simpul inilah tumbuh daun dan ranting, dimana ranting – rantingnya juga tersegmen dengan simpul dan ruas.

Salah satu karakteristik bambu adalah sistem akar bawah tanah yang sangat mirip dengan batangnya. Apabila digambarkan, seperti batang bawah tanah yang tumbuh melintang ditanah. Batang dibawah tanah inilah yang disebut dengan Rimpang atau Rhizoma. Mengutip dari Wikipedia bahwa “rimpang atau rhizoma adalah modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya”. Rimpang yang terlihat sebagai batang bawah tanah, tidak seperti layaknya batang bambu yang menumbuhkan ranting dan daun. Tapi menghasilkan akar dan pucuk tunas pada pada simpul rimpang. Tanaman bambu merupakan tanaman berakar yang sangat dangkal dengan akar tumbuh tidak lebih dari 50 cm dibawah permukaan tanah.


B. Ekologi Bambu

Sistem rimpang pada bambu yang memungkinkan bambu tumbuh dengan cepat, dan menjadikannya salah satu tanaman yang tumbuh dengan cepat. Tergantung dengan kondisi iklim dan tanah, beberapa spesies bambu dapat tumbuh hingga 60 cm dalam 1 hari. Luar biasa kan… Namun pada umumnya bambu tumbuh tidak kurang dari 3 cm dalam 1 hari. Perbedaan ini juga karena ekologi bambu di tropis maupun subtropis yang mempengaruhi masa pertumbuhannya. Kebanyakan spesies bambu yang tumbuh di iklim topis akan mati pada temperature titik beku. Sedangkan beberapa spesies bambu yang tumbuh di iklim subtropis sanggup bertahan hingga temperature minus 29 °C.


C. Manfaat Bambu

Manfaat bambu sangat banyak buat kehidupan kita sehari – hari maupun buat lingkungan hidup. Karena daya tahan, kekuatan, fleksibilitas, dan sifatnya yang ramah lingkungan menjadikan bambu sebagai bahan alternatif. Terutama bahan alternatif pengganti berbahan plastik. Plastik mengandung zat yang membahayakan kesehatan. Selain itu perlu kita tahu kalau plastik sifatnya yang susah terurai. Kalaupun plastik terurai menjadi micro atau nano plastik masih tidak dapat membaur kembali ke alam. Tidak ada salahnya kalau kita memulai mengganti beberapa bahan plastik dengan bahan yang lebih ramah lingkungan seperti bambu.


1. Manfaat bambu bagi lingkungan hidup

Bambu adalah salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk mengurangi polusi, itu salah satu manfaat bambu bagi lingkungan hidup. Kemampuannya untuk menyerap karbon dan melepaskan oksigen 30% lebih banyak dari pohon yang setara. Untuk itulah beberapa Negara dan kota membuat hutan bambu sebagai penyerap gas rumah kaca. Seperti kota kelahiran saya, kota Surabaya yang mempunyai hutan bambu disisi Timur kota. Selain fungsinya sebagai pengurang polusi udara, juga dijadikan Ekowisata kota. Manfaat bambu bagi lingkungan hidup lainnya yaitu bambu mempunyai kekuatan akar yang sanggup membuat tanah menjadi stabil. Sistem akar bambu terus tumbuh setelah panen. Tunas baru akan muncul dan akarnya masih mencegah erosi tanah dan menjaga nutrisi.

2. Manfaat bambu bagi kehidupan sehari - hari

Salah sifat bambu yang mudah terurai dengan aman dan cepat, dan dapat membaur kembali ke alam menjadi bahan alternatif pengganti plastik. Terutama alat – alat keperluan kita sehari – hari yang selama ini sangat mengandalkan bahan baku plastik. Kesadaran mengurangi sampah plastik terutama sampah plastik sekali pakai terus dikampanyekan. Alat – alat kebutuhan sehari - hari berbahan baku ramah lingkungan mulai ditawarkan. Manfaat bambu bagi kehidupan sehari – hari seperti Sedotan bambu sebagai pengganti sedotan plastik. Bahkan perusahaan pasta gigi terkenal sudah memproduksi sikat gigi yang berbahan baku bambu.

Hal yang mengagumkan adalah kekuatan tarik bambu. Jika dibandingkan dengan baja yang mempunyai kekuatan tarik 24.000 PSI, maka bambu mempunyai kekuatan tarik 28.000 PSI. Karena itu ada yang produsen yang memproduksi rangka sepeda dari bambu. Dengan kekuatan seperti itu tidak salah kalau bambu digunakan sebagai furniture, tirai dan perlengkapan sehari –hari. Bahkan alat musik sekalipun.


Furniture dan bangunan dari manfaat bambu
Furniture dan bangunan dari bambu


Selain itu manfaat bambu bagi kehidupan sehari – hari  salah satunya bahan makanan, terutama di Asia. Rebung atau Bamboo Shoots meskipun mengandung senyawa glikosida sianogenik, yang mampu menghasilkan sianida di dalam lambung namun dapat dimakan. Dengan pencucian dan perebusan mampu mengilangkan toksin. Siapa yang tidak tahu Lodeh rebung dan Lumpia yang berbahan rebung sebagai makanan sehari – hari. Saya masih ingat dimana di beberapa daerah terutama di Sulawesi dan Indonesia timur memasak makanan dalam batang bambu yang dibakar. Dan saya mencicipi makanan itu dengan rasa dan aroma yang sangat khas.

Manfaat bambu bagi kehidupan sehati – hari lainnya yaitu beberapa jenis bambu dapat dipakai sebagai tanaman penghias halaman depan rumah. Bahkan ada jenis bambu yang dapat dibonsai menjadi tanaman hias yang dapat diletakkan dalam rumah.


Manfaat Bambu kuning sebagai tanaman hias
Bambu kuning sebagai tanaman hias


Manfaat bambu sebagai konstruksi bangunan

Karena mempunyai kekuatan tarik yang lebih besar, daya tahan dan mudah didapat dan diperbarui, manfaat bambu sebagai konstruksi bangunan. Tentunya jenis bambu tertentu saja, tidak semua jenis bambu. Mengutip dari Wikipedia Di Indonesia, bambu bahan bangunan di antaranya dihasilkan oleh marga-marga Bambusa (misalnya, bambu ampel), Dendrocalamus (mis. bambu betung), dan Gigantochloa (mis. bambu ater, bambu gombong). Dari mulai rumah sederhana berbahan bambu kalau dijawa kita ketahui dinamai Gedhék. Hingga Resturan, villa dan resort mewah di daerah pariwisata seperti Bali, menggunakan bambu. Selain Kuat dan daya tahan lama, juga terlihat eksotis dan alami.


Manfaat bambu sebagai konstruksi bangunan
Manfaat bambu sebagai konstruksi bangunan


Melihat semua manfaat bambu yang beragam mulai dari akar hingga batangnya. Dengan daya tahan dan kekuatannya. Dengan kelenturan dan eksotisnya. Dan terutama sifatnya yang ramah lingkungan. Mudah terurai dan menyatu kembali ke alam. Saatnya kita untuk mulai langkah kecil untuk memberdayakan bambu sebagai bahan alternatif bagi alat kebutuhan kita sehari – hari. Peran kecil kita ini akan berdampak besar untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai. Langkah kecil untuk bumi dan kita, yang lebih sehat.

No comments:

Post a Comment