Thursday, March 19, 2020

Perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar Surabaya Timur lebih mudah

Perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar


Perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar Surabaya Timur ternyata tidak butuh waktu lama berdasar pengalaman saya. Perpanjangan STNK 5 tahunan memang sudah menjadi kewajiban bagi pemilik kendaraan bermotor. Selain membayar pajak kendaraan bermotor tahunan. Kewajiban 5 tahunan membuat kita sedikit lupa bagaimana persyaratan dan prosesnya. Apalagi kalau dalam rentang 5 tahun kemungkinan dikeluarkan kebijakan baru dalam proses perpanjangan STNK 5 tahunan.


Saya membagikan pengalaman saya dalam pengurusan perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar Surabaya Timur. Saya berasal dari Surabaya yang sedang bekerja di Bali. Kendaraan bermotor saya masih beralamat di Surabaya. Sehingga untuk proses perpanjangan STNK 5, saya lakukan cek fisik bantuan di Samsat Renon Denpasar. Samsat diluar kendaraan bermotor memfasilitasi dengan cek fisik bantuan. Setelah proses cek fisik batuan di Bali saya melanjutkan ke Samsat Manyar Surabaya Timur. Saya coba merangkum dari pengalaman saya memproses perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar Surabaya Timur perihal persyaratan dan alur proses maupun waktu dan biaya.


Persyaratan perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar Surabaya Timur

Informasi persyaratan yang saya dapat dari Samsat Renon Denpasar saat cek fisik bantuan sama dengan di Samsat Manyar Surabaya Timur. Berikut persyaratan perpanjangan STNK 5 tahunan:

  • Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) Asli
  • Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Asli
  • Cek Fisik (kendaraan datang)
  • Surat Kuasa (yang dikuasakan)

Perlu diingat: Untuk semua kelengkapan dokumen dibawa aslinya dan di fotocopy 1x sebelum melanjutkan proses perpanjangan STNK.

Persyaratan Cek Fisik kendaraan yang kendaraan yang diluar kota dari alamat kendaraan motor, bisa kita lakukan cek fisik bantuan di Samsat terdekat. Cara ini membuat kita sebagai pemilik kendaran bermotor jadi lebih mudah. Tidak perlu mengirim kendaraan bermotor kembali ke daerah. Dan berdasar pengalaman saya cek fisik bantuan di Renon Denpasar tidak dikenakan biaya dan waktu yang cukup cepat.

Mengenai persyaratan Surat Kuasa, dibutuhkan bagi yang mengurus perpanjangan bukanlah yang atas nama kendaraan bermotor. Berdasarkan pengalaman saya 5 tahun pada saat saya tidak bisa pulang ke Surabaya untuk mengurus perpanjangan. Surat kuasa sudah saya siapkan, tapi ternyata cukup orang yang beralamat yang sama dengan pemilik kendaraan dapat mengurus perpanjangan STNK. Cukup dengan hanya menunjukan KTP untuk memastikan alamat yang sama atau serumah dengan pemilik kendaraan.


Alur Perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar Surabaya Timur

Sebelum kita memproses perpanjangan STNK 5 tahunan, ada baiknya kita ketahui alurnya agar tidak buang - buang waktu. Alur yang diterapkan di Samsat Manyar Surabaya Timur, lebih sederhana dibandingkan 5 tahun lalu.


Alur Perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar
Alur Perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar


Alur pengurusan perpanjangan STNK seperti dilansir laman Samsat Surabaya Timur.com:

  1. Pendaftaraan Cek Fisik
  2. Layanan Formulir (Blanko cek fisik + formulir)
  3. Cek Fisik Kendaraan
  4. Keabsahancek fisik dan blokir ERI (Electronic Registration Identification)
  5. Verifikasi ERI (Electronic Registration Identification)
  6. Layanan Pendaftaran (penul 5 tahun)
  7. Kasir (BBNKB, PKB, SWDKLLJ, PNBP)
  8. Layanan Penyerahan STNK dan TNKB
  9. Penulisan BPKB

Pada alur 1 sampai dengan alur 4 berada di area cek fisik diluar gedung samsat manyar. Sedangkan alur 5 sampai dengan alur 9 berada dalam gedung samsat Manyar. Didalam Gedung Samsat Manyar terdapat meja Informasi apabila kita perlu menanyakan kekurangan atas persyaratan.


Proses pengurusan perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar Surabaya Timur

Sebelum kita mengajukan perpanjangan STNK 5 tahunan, sebaiknya diperiksa lagi kelengkapan persyaratan. Semua dokumen asli dan 1 x fotocopy serta kelengkapan kendaraan  sebelum pengajuan cek fisik kendaraan. Berikut langkah - langkah pengurusan


Step 1 & 2 Loket pendaftaran cek fisik dan cek fisik kendaraan

Pengajuan atau pendaftaran cek fisik dilakukan di loket cek fisik disebelah Selatan gedung Samsat Manyar. Diloket tersebut kita mendapatkan formulir / blanko cek fisik dan map. Berhubung saya sudah melakukan cek fisik bantuan di samsat Renon Denpasar, saya cukup antri ke loket keabsahan cek fisik dan blokir ERI. Loket keabsahan dan blokir ERI berada disisi timur gedung bersebelahan dengan cek fisik kendaraan motor. Pada saat antri didepan loket, ada petugas yang aktif memeriksa berkas untuk merapikan berkas dokumen. Blanko cek fisik diserahkan ke loket keabsahan dan blokir ERI untuk diperiksa dan menunggu dipanggil setelah selesai diperiksa dan distempel.


Step 3 Loket Verifikasi ERI

Setelah diperiksa, blanko diserahkan kembali oleh petugas keabsahan & blokir ERI. Kemudian saya diminta melanjutkan proses perpanjangan STNK 5 tahunan ke loket Verifikasi ERI didalam gedung Samsat. Loket verifikasi ERI berada dalam gedung dan terletak di sebelah kiri paling ujung. Semua berkas diserahkan untuk diverifikasi oleh petugas. Setelah selesai diverifikasi, semua berkas dikembalikan ke saya dan diberikan nomer antrian di loket layanan pendaftaran penul 5.


Step 4 Loket Pendaftaran Penul 5 / Perpanjangan STNK 5 tahunan

Loket ini terletak ditengah dari deretan loket pelayanan. Pada loket ini akan dipanggil seseuai nomer antrian. Pada saat dipanggil saya serahkan semua berkas dokumen dan petugas mengembalikan BPKP asli. Sedangkan STNK asli, blanko dan copy dokumen lainnya disimpan petugas untuk perpanjangan STNK dan Nopol. Setelah selesai akan diberikan antrian untuk pembayaran biaya perpanjangan STNK 5 tahunan serta pajak kendaraan di loket kasir.


Step 5 Loket kasir

Loket kasir terletak disebelah barat bersebelahan dengan loket penul 5 / pendaftaran perpanjangan STNK. Petugas kasir akan memanggil sesuai nomer antrian yang sudah diberikan di loket pendaftaran penul 5. Setelah dipanggil sesuai nomer antrian, saya membayar biaya PKB, SWDKLLJ, PNBP STNK & PNBP TNKB. Saya menerima tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran yang berisi rincian biaya. Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran ini yang biasa kita satukan dibelakang STNK. Setelah membayar semua biaya dan pajak, diminta untuk menunggu panggilan di loket penyerahan STNK dan tanda nomer kendaraan bermotor (TNKB). Sekedar info bahwa dapat dilakukan pembayaran non tunai menggunakan kartu debit, karena loket kasir menyediakan mesin EDC. Satu lagi terobosan fasilitas yang dapat mempermudah dan mempercepat transaksi.


Step 6 Loket penyerahan STNK dan TNKB

Loket penyerahan STNK dan TNKB terletak paling ujung disebelah barat. Loket yang cukup banyak antriannya karena menunggu pencetakan STNK dan Tanda nomer kendaraan bermotor (TNKB). Setelah menunggu agak lama kemudian dipanggil untuk menerima STNK dan TNKB baru. Saya diminta memeriksa kecocokan antara STNK dengan TNKB. Apabila nopol berubah denagn nopol yang lama, saya diminta untuk ke loket penulisan BPKP. Kemudian Setelah STNK dan TNKB diterima, saya menanda tangani buku penerimaan STNK dan TNKB. Dan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran distempel “STNK sudah diterima”.


Step 7 Loket Penulisan BPKB

Loket ini terletak diantara loket verifikasi ERI dan loket pendaftaran Penul 5. Apabila kita menerima Nopol berubah dengan nopol lama, kita mengurus penulisan BPKP untuk nopol baru. BPKP diserahkan ke Loket penulisan BPKB dan akan diberi tanda terima untuk mengambil BPKB seminggu kemudian. BPKB yang diserahkan nanti akan ditambah data nopol baru.


Langkah langkah Perpanjangan STNK 5 tahunan di samsat manyar
Langkah langkah Perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar


Jam layanan, jangka waktu pelayanan dan Biaya perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Manyar Surabaya Timur

Samsat Manyar Surabaya Timur membuka layanan perpanjangan STNK 5 tahunan dari jam 8.00 WIB – 13.00 WIB. Seperti dilansir di laman Samsat Surabaya Timur tentang Standard Pelayanan  Perpanjangan Kendaraan Bermotor, target jangka waktu pelayanan 90 menit. Dari pengalaman saya datang ke samsat jam 10.30 WIB dan selesai sebelum jam 12.00. Pelayananan lebih cepat dari pengalaman 5 tahun lalu.

Biaya yang saya bayarkan sejumlah Rp.349.500 dengan detail:

  • Pajak kendaraan bermotor (PKB) Rp.154.500
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Rp.35.000
  • Penerimaan Negara Bukan Pajak Surat Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (PNBP STNK) Rp.100.000
  • Penerimaan Negara Bukan Pajak Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (PNBP TNKB) Rp.60.000

Semua biaya ini sesuai dengan Standard Pelayanan Perpanjangan Kendaraan Bermotor yang dilansir Samsat Surabaya Timur.com.

Ternyata pengurusan pernajangan 5 tahunan tidak memakan waktu lama apabila kita bisa meluangkan waktu. Semua bisa kita urus dan selesaikan sendiri tanpa bantuan pihak ketiga. dan jangan lupa untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan motor tahunan, sekarang lebih mudah lho. Semoga pelayanan pengurusan STNK 5 tahunan di Samasat Manyar Surabaya Timur meningkat semakin lebih baik.

8 comments:

  1. Terkma kasih infonya, sangat bermanfaat 👍🙏🏻

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak, infonya sangat lengkap

    ReplyDelete
  3. thanks sangat membantu infonya














    ReplyDelete
  4. BPKB yang difotokopi yg bagian mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas semua halaman yang ada datanya, halaman Identitas kendaraan, Halaman identitas pemilik, Halaman keterangan pabean/asal usul, dan kalau ada data di halaman catatan polisi karena perubahan data.. semoga membantu

      Delete