Monday, March 8, 2021

Gelombang air laut, setelah tahu Sifat uniknya, tak akan pernah berhenti menikmatinya

gelombang air laut
 

Gelombang air laut menggulung dan memecah berbuih ketika menyentuh pantai, tak pernah bosan menikmati pesonanya kala duduk di pasir pinggir pantai. Menenangkan diri saat menikmati gelombang air laut menerpa pinggir pantai berulang – ulang, tak pernah berhenti. Terlintas dalam pikiran mengapa gelombang air laut selalu pecah sejajar dengan garis pantai, tidak peduli dengan kemana garis pantai menghadap. Bagaimana gelombang laut bisa bergerak?. Bagaimana gelombang air laut tahu saat sudah sampai di pinggir pantai?. Semakin menikmatinya semakin saya penasaran untuk mencari tahu jawabannya.

Bagaimana gelombang air laut bisa bergerak menuju pinggir pantai?

gelombang air laut
gelombang air laut menuju ke pantai gunung payung

Gelombang air laut tahu bahwa mereka sudah dekat pantai, kemudian tanpa diperintah mengatur diri sesuai dengan garis pantai. Tentu saja yang menimbulkan gelombang adalah hembusan angin di permukaan air laut.

Tapi jelas mustahil jika angin selalu meniup gelombang langsung kearah pantai. Di tengah laut lepas angin dapat berhembus sesuka mereka. Gelombang – gelombang kita amati di sebuah pantai hanyalah gelombang – gelombang yang umumnya bergerak kearah kita, sebab sebaliknya kita tidak akan pernah melihat mereka. Namun, kebanyakan mereka mula – mula datang agak miring, tidak lurus sesuai garis pantai. Yang terjadi kemudian percaya atau tidak, gelombang – gelombang tersebut “merasakan” garis pantai, kemudian berbelok untuk menghadapinya tegak lurus sebelum pecah. Belakangan, ketika pecah garis buih terjadi betul – betul sejajar dengan garis pantai.


Bagaimana cara gelombang tahu bahwa ia sedang mendekati pantai?

Ketika sebuah gelombang, masih berada di atas laut dalam (bayangkan seperti yang saya bayangkan seolah gelombang air laut ini sebagai sebuah punggungan atau hamparan yang terhampar di permukaan). Belum ada apa pun yang menghalanginya, maka ia berjalan kemanapun angin berhembus. Tapi setelah sampai di bagian laut dangkal, bagian bawah gelombang mulai mengalami rintangan, yang sekaligus memperlambat lajunya. Itulah petunjuk bahwa ia tengah mendekati sebuah garis pantai dan “petunjuk” tersebut dipakainya untuk menentukan arah yang lebih sesuai. Mengikuti garis pantai yang dituju.


Dan pada saat gelombang air laut mendekati pantai apa yang membuatnya mengubah arah?

gelombang air laut
Gelombang air laut di pantai Tegal Wangi

Misalkan kita sedang menunggangi gelombang air laut layaknya kita bermain papan selancar. Gelombang yang datang dengan sudut tertentu terhadap garis pantai disebelah kiri kita. Bagian pertama gelombang yang akan menerpa dasar laut dangkal adalah bagian kiri gelombang. Oleh sebab itu bagian kiri akan menjadi lebih lambat, sedangkan bagian tengah dan ujung kanan tetap pada kecepatan yang sama. Ini menyebabkan seluruh gelombang bergerak ke kiri.

Penghambatan dan perlambatan ini maju di sepanjang gelombang dari kiri ke kanan sejalan dengan semakin banyak bagian gelombang yang mengalami banyak benturan dengan dasar laut dangkal. Akibatnya seluruh gelombang cukup dekat dengan pantai untuk pecah berbuih.

Gelombang pecah karena efek penghambatan bagian bawah yang sama. Setelah gelombang menjadi sejajar dengan pantai ia akhirnya sampai ke bagian air yang begitu dangkal sehingga bagian bawahnya mengalami hambatan sedemikian besar. Akibatnya gelombang itu terjungkal ke depan seperti ketika anda tersandung batu. Bagian puncak gelombang sama – sama sejajar dengan garis pantai.

gelombang air laut
Menikmati gelombang air laut kala senja

Lega rasanya, bisa menikmati gelombang air laut yang memecah pantai hingga berbuih, tapi juga tahu bagaimana mereka melakukannya. Tersenyum sendiri di pinggir pantai Munggu Bali, menikmati sunset di hamparan gelombang air laut. Menggulung, terpecah dan berbuih dibawah langit berwarna oranye saat sanja telah tiba.

No comments:

Post a Comment