Perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo mudah dan cepat

Proses perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo cukup mudah dan cepat. Pengalaman saya mengurus perpanjangan STNK milik saya tapi masih atas nama saudara. Kebetulan saya beli kendaraan motor dari saudara tapi belum balik nama. Dan juga belum mutasi dari kota sidoarjo ke kota Surabaya. Mau tidak mau pada saat perpanjangan STNK harus kesidoarjo dan harus ajak saudara saya. 



Di tulisan ini saya mencoba berbagi pengalaman pengurusan perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat. Saay mempunyai 2 kendaraan bermotor untuk aktivitas saya dan istri saya. Kendaraan bermotor yang saya gunakan aktivitas beralamat Surabaya. Melalui tulisan sebelumnya, saya bagikan pengalaman perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Surabaya. Sedangkan Kendaraan bermotor untuk aktivitas istri saya masih beralamat sidoarjo sesuaii KTP saudara. Karena kondisi tersebut, untuk pengurusan perpanjangan STNK, saya harus lakukan cek fisik bantuan di Samsat Renon Denpasar. Setelah itu, barulah saya mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo.

Persyaratan perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo

Sebelumnya saya coba mencari info persyaratan perpanjangan STNK 5 tahunan. Meskipun saya yakin tidak akan berbeda jauh dengan pengurusan di Samsat Surabaya. Tapi tidak ada salahnya kalau saya memastikan lagi persayaratan untuk samsat Sidoarjo. Dikutip dari laman polresta sidoarjo berikut persyaratan perpanjangan STNK 5 tahunan di samsat sidoarjo (Ganti STNK atau Penelitian Ulang 5 Tahunan):
  • Untuk perorangan: tanda jati diri yang sah KTP / SIM / Passport / Tanda anggota TNI + 2 fotocopy.
  • Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) Asli dan fotocopy.
  • Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Asli dan fotocopy.
  • Bukti hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor.

Berhubung kendaraan motor saya masih atas nama saudara, selain membawa KTP, saya juga ajak saudara saya ke Samsat Sidoarjo. Supaya nanti saya tidak dikira perantara pengurusan.

Mekanisme Perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo

Masih berdasar informasi yang didapat dari laman Polresta Sidoarjo, terdapat mekanisme perpanjangan STNK 5 Tahunan. Tertulis sebagai Ganti STNK atau Penelitian Ulang 5 tahunan. Mekanisme pengurusan perpanjangan STNK (Ganti STNK / Penelitian Ulang 5 Tahunan) seperti dilansir laman Polresta Sidoarjo :
  1. Fotocopy (berkas kendaraan)
  2. Cek Fisik Kendaraan (Kendaraan)
  3. Formulir (pendaftaran)
  4. Loket I (Pendaftaran)
  5. Kasir (Pembayaran PKB, Jasa Raharja)
  6. PNB (Pembayaran Penerimaan bukan pajak)
  7. Penyerahan STNK dan Plat nomor

Perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo
Sumber: Polresta Sidoarjo

Pada mekanisme perpanjangan STNK 5 tahunan atau ganti STNK / Penelitian Ulang 5 Tahunan terbagi di area yang berbeda. Mungkin akan sedikit membingungkan bagi yang belum pernah melakukan pengurusan sendiri. Karena area yang terpisah agak jauh satu sama lain. Namun saya coba gambarkan pengalaman proses pengurusannya sedetail mungkin agar berguna buat pembaca.

Proses pengurusan perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo

Kita persiapkan dokumen atau berkas persyaratan perpanjangan STNK 5 tahunan, kita bisa fotocopy berkas di samsat sidoarjo. Jangan lupa untuk melengkapi dan memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor. Setelah semuanya lengkap kita bisa mulai proses perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Sidoarjo. Berikut ini saya rangkum dari yang saya alami sedetail mungkin untuk bisa membantu (lihat gambar dan penjelasan):


Langkah langkah Perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo - Backpacker Manyar
Alur proses

Proses 1: Fotocopy berkas dan pengisian Formulir

Semua berkas dan dokumen KTP, BPKB dan STNK di fotocopy 2 x. Fotocopy dan map bisa dilakukan di tempat fotocopy didekat parkiran sepeda motor. Jangan lupa untuk menuliskan Nopol, nama dan alamat didepan map. Pada saat saya datang ke samsat Sidoarjo untuk minta formulir, diminta untuk fotocopy KTP, STNK dan BPKB dulu. Kemudian KTP, STNK dan BPKB asli dan fotocopy ditaruh dalam map. Saya serahkan ke petugas loket formulir untuk diperiksa. Saya ditanya petugas mana orang yang atas nama kendaraan bermotor, saya tunjukan saudara saya untuk dicek dengan KTP. Setelah dokumen diperiksa kelengkapannya, petugas baru memberi Formulir untuk diisi. Formulir diisi sesuai dengan data yang ada dalam BPKB dan STNK.

Proses 2: Cek Fisik Kendaraan

Setelah Formulir diisi lengkap dan disertai dokumen asli dan fotocopy dalam map, saya lanjut cek fisik kendaraan. Kendaraan saya bawa ke area cek fisik, kemudian berkas dalam Map saya tunjukan ke petugas cek fisik. Petugas melakukan cek fisik dan menggosok nomer rangka dan mesin dan dilampirkan dalam berkas dalam map. Setlah itu kendaraan dibawa kembali ke area parkir kendaraan didepan Samsat Sidoarjo. Berhubung saya sudah melakukan cek fisik bantuan di Samsat Renon Denpasar, Maka prosesnya langsung saya serahkan ke petugas validasi.

Proses 3: Validasi

Berkas dokumen yang dilampiri hasil cek fisik, saya serahkan ke petugas loket bersebelahan dengan area cek fisik. Petugas akan memvalidasi semua dokumen dan hasil cek fisik diformulir. Setelah selesai divalidasi, petugas akan memanggil dan mengembalikan semua dokumen dalam map untuk proses selanjutnya.

Proses 4: Pemeriksaan dokumen dan no antrian

Saya menuju ke loket informasi dan nomer antrian yang terletak dibelakang kantor Samsat Sidoarjo. Menyerahkan dokumen untuk diperiksa oleh petugas, setelah dicek diberikan nomer antrian dan dibukakan pintu masuk. Pintu masuk dikunci otomatis, dan hanya dibukakan bagi yang sudah mendapat antrian. Jadi kita jangan langsung masuk ke dalam kantor Samsat kalau belum mendapat nomer antrian.

Proses 5:  Loket Penelitian Ulang

Masuk keruangan loket menuju ke loket penelitian ulang meja sebelah kiri (Barat) untuk menyerahkan dokumen yang ada dalam map. BPKB asli dikembalikan ke saya untuk disimpan, sedang berkas yang lain diperiksa untuk cetak STNK dan PNBP. Sambil menunggu antrian untuk pembayaran diloket kasir.

Proses 6: Kasir pembayaran

Sesuai nomer antrian, saya menuju loket kasir untuk melakukan pembayaran STNK, TNKB dan PNBP. Pembayaran saya lakukan secara tunai karena saat itu tidak ada fasilitas pembayaran menggunakan kartu debit. Setelah melakukan pembayaran, saya diberi Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran dengan detail rincian biaya yang sudah dibayar lunas. Kemudian menuju ke loket paling ujung sebelah kanan (sisi Timur) untuk menunggu STNK yang sudah dicetak.

Proses 7: Penyerahan STNK

Tak lama kemudian saya dipanggil untuk mengambil STNK yang sudah dicetak. Saya menunjukan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran ke petugas, sebagai bukti bahwa saya sudah membayar semua kewajiban. Setelah itu petugas menyerahkan STNK baru dan minta untuk fotocopy 2x Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran yang baru sebelum menuju ke loket penulisan BPKB. Saya harus menuju ke Loket penulisan BPKB karena nomer Polisi kendaraan Bermotor berubah. Jadi harus ada informasi tambahan di BPKB kalau ada perubahan Nopol.

Proses 8: Fotocopy Tanda Bukti Pelunasan

Karena sudah dipesanin sama petugas untuk fotocopy 2x Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran, saya langsung fotocopy. Dibelakang samsat ada tempat fotocopy dekat kantin, jadi ada 2 tempat fotocopy di Samsat Sidoarjo, depan dan belakang. Kita tidak perlu repot-repot kembali ke tempat fotocopy yang didepan Samsat. Setelah Saya fotocopy 2x saya menuju ke Loket penulisan BPKB.

Proses 9: Penulisan BPKB

Saya serahkan BPKB dengan fotocopy 2x Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran ke petugas di loket penulisan BPKB. Tak lama kemudian dipanggil dengan diberikan Faktur asli pembelian kendaraan bermotor dan fotocopy Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran yang sudah distempel tanggal pengembalian dan faktur asli sudah dikembalikan. Fotocopy yang sudah distempel ini kita simpan baik-baik, jangan sampai hilang. Nanti digunakan untuk pengambilan BPKB asli yang sudah diberi informasi tambahan. Saya diminta datang 2 minggu lagi untuk mengambil BPKB yang sudah diperbarui informasinya.

Perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo
Tanda Bukti yang sudah distempel

Proses 10: Penyerahan Nopol

Dari loket penulisan PKB, saya menuju ke tempat pencetakan Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (TNKB) / Plat Nopol. Saya menyerahkan STNK ke petugas untuk dicetakkan Plat Nopol yang baru. Tidak sampai 10 menit sudah dipanggil dengan memberikan Plat Nopol yang masih baru.

Semua Proses ini hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam. Saya datang jam 10.00 ke Samsat Sidoarjo dan 11.30 saya sudah mau pulang dengan bawa STNK dan Nopol baru. Setiap proses tidak antri terlalu lama, cm memang area nya cukup jauh untuk kembali boalak balik kalau kita tidak paham prosesnya.

Pengambilan BPKB yang sudah diperbarui dengan membawa persyaratan:
  • KTP pengambil
  • Resi BPKB

Perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo
BPKB yang sudah diperbarui

Pada saat mengambil BPKB, saya difoto oleh petugas dengan membawa BPKB dan KTP. Sebagai bukti visual untuk Samsat Sidoarjo kalau BPKB sudah diambil dengan foto orang yang sudah mengambil. Hal ini untuk menghindari apabila ada orang yang tidak berhak yang mengambil BPKB.

Jam layanan perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo

Seperti dilansir laman Samsat Sidoarjo membuka layanan perpanjangan STNK 5 tahunan:
Hari Senin – Kamis pukul 08.00 – 13.00
Hari Jumat pukul 08.00 – 11.00
Hari Sabtu pukul 08.00 – 12.00
Sebaiknya kita datang lebih pagi supaya antrian tidak terlalu banyak dan cuacanya cukup panas buat nunggu diarea terbuka.

Biaya yang saya bayarkan sejumlah Rp.357.000 dengan detail:
Pajak kendaraan bermotor (PKB) Rp.162.000
Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Rp.35.000
Penerimaan Negara Bukan Pajak Surat Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (PNBP STNK) Rp.100.000
Penerimaan Negara Bukan Pajak Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (PNBP TNKB) Rp.60.000

Juga saya informasikan kalau pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan bisa online melalui apilkasi Samsat Online Nasional. Ayo kita manfaatkan aplikasi Samsat Online Nasional untuk kemudahan kita

Pengurusan Perpanjangan STNK 5 tahunan Samsat Sidoarjo cukup cepat. Kalau kita menurus sendiri juga tidak memakan waktu yang lama dan tanpa biaya tambahan. Semoga pelayanan Perpanjangan STNK 5 tahuhan Samsat Sidoarjo semakin baik kedepannya. Ayo kita mengurus sendiri Perpanjangan STNK 5 tahunan.

Tag: Tips

Tidak ada komentar:

Posting Komentar